Yang Muda, yang Sadar Menjaga Pancasila - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ahmad Irso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 30 Juli 2019 22:19 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Yang Muda, yang Sadar Menjaga Pancasila

    Dibaca : 394 kali

    Pancasila merupakan ideologi final Bangsa Indonesia. Pancasila menjadi landasan bagi seluruh masyarakat kita dalam berbangsa maupun bernegara.

    Lewat Pancasila, Indonesia yang notabene dihuni beragam suku dan adat istiadat, hidup rukun tanpa saling adanya gesekan. Karena Pancasila juga, negara-negara di dunia mengakui bahwa Indonesia merupakan bangsa yang kuat kohesi sosial kemasyarakatannya.

    Jangan heran ketika ada yang mencoba-coba mengobok-obok Pancasila, seantero Nusantara bakal bergerak. Melawan dan berada di garda terdepan membelanya. Tak peduli berasal dari suku, adat, provinsi, kota, hingga desa mana. Semuanya akan bersatu demi Pancasila.

    Ancaman itu kian nyata di depan mata. Kita tahu ada gerakan-gerakan, baik dari luar maupun dalam negeri yang mencoba mengganggu Pancasila. Hal ini sebagaimana yang diutarakan Sekreataris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Agus Setiadji S.IP., M.A..

    Agus mengatakan bahwa butuh peran generasi muda atau generasi milenial Indonesia dalam mengawal Pancasila.

    Pernyataan tersebut cukup beralan. Kaum muda adalah generasi penerus bangsa. Di tangan merekalah nasib bangsa ini kedepan. Ketika kaum muda atau milenial sadar akan pentingnya Pancasila, maka fondasi bangsa akan kuat dan kokoh.

    Di sisi lain, ancaman terhadap Pancasila bisa datang karena faktor penetrasi teknologi yang sangat masif. Ya, media, media sosial kini berkembang amat pesat.

    Hal ini bisa menjadi ancaman tersendiri bagi Pancasila. Misalnya menyebarkan pesan atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, melalui teknologi.

    Maka jangan heran ketika kemudian Sekjen Kemhan mewanti-wanti kepada generasi muda. Yang Muda, Yang Menjaga, Yang Sadar Pancasila.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.