x

Iklan

Gadis Desa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 28 September 2019 15:10 WIB

Linmas, Satuan Pengaman NKRI yang Terlupakan

Mungkin kita sempat terlupa: unsur kekuatan pertahanan Republik Indonesia tidak hanya TNI. Ternyata, ada komponen lain yang juga penting sebagai pendukung kekuatan pertahanan Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin kita sempat terlupa, unsur kekuatan pertahanan Republik Indonesia tidak hanya TNI. Ternyata, ada komponen lain yang juga penting sebagai pendukung kekuatan pertahanan Indonesia, yaitu Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas). Dulu namanya Satuan Pertahanan Sipil (Sat Hansip). Kita lupa Linmas atau Hansip adalah juga pendukung utama pertahanan kebanggaan bangsa kita juga.

Jangan sepelekan peran dan kontribusi Linmas atau Hansip bagi utuhnya pertahanan negara. Mereka adalah komponen terdekat dan paling cepat mengetahui jika terjadi sesuatu yang membahayakan NKRI di lingkungan tempat berjaga (baca: bertugas).

Dulu: masyarakat dapat merasa tenang setiap harinya --pagi, siang, sore, malam-- sebab ada Linmas atau Hansip yang setia berjaga di masing-masing wilayah. Biasanya dalam garis komando Kelurahan atau Desa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mereka akan berkelilingng menyapa warga. Memantau situasi lingkungan sekitar secara rutin. Itulah sebab, dulu oknum-oknum atau kelompok yang menggagas pemikiran bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, tidak dapat hidup di Tanah Air.

Ruang gerak oknum orang atau kelompok yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 bakal terbatas dan amat sempit celahnya. Ada Linmas atau Hansip yang bertanggungjawab terhadap tidak terjadinya gangguan pertahanan di lingkungannya.

Jiwa dan pikran petugas Linmas atau Hansip telah didekap Pancasila dan UUD 1945. Itu jadi pedoman mereka dalam kehidupan kebangsaan sesuai tugas dilakukannya. Sehingga, ketika itu, yang menjadi petugas Linmas atau Hansip adalah orang-orang terpilih.

Jangan sampai ada paham lain yang berseberangan dengan Pancasila dan UUD 1945 disebarkan ke masyarakat, pasti "disikat" Linmas atau Hansip. Makanya dulu, masyarakat amat tenang dan mengandalkan Linmas atau Hansip sebab menjamin dari tidak ada gangguan.

Jika kini menyeruak lagi ide untuk mengoptimalkan tugas komponen Linmas atau Hansip sebagai pendukung pertahanan NKRI, maka sudah tepat dan seharusnya dilakukan. Toh, dengan begitu lingkungan Indonesia bakal hidup sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Ikuti tulisan menarik Gadis Desa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan