Luar biasa, Kerjasama RI-Australia Meningkat Pertahanan Makin Kuat - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Gadis Desa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 29 Agustus 2022 06:10 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Luar biasa, Kerjasama RI-Australia Meningkat Pertahanan Makin Kuat

    Pertahanan sebuah negara tidak hanya dilakukan dalam negeri saja, namun juga menjalin kerjasama dengan negara lain. Terlebih lagi, negara tetangga yang memiliki letak geografis dekat dengan Indonesia merupakan mitra utama. Seperti hubungan antara Indonesia dan Australia yang sudah lama terjalin kerjasama dengan baik.

    Dibaca : 613 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pertahanan sebuah negara tidak hanya dilakukan dalam negeri saja, namun juga menjalin kerjasama dengan negara lain. Terlebih lagi, negara tetangga yang memiliki letak geografis dekat dengan Indonesia merupakan mitra utama. 

    Seperti hubungan antara Indonesia dan Australia yang sudah lama terjalin kerjasama dengan baik. Sudah menjadi hal yang wajar sesama negara tetangga saling menguatkan dan menghormati kedaulatan masing-masing.

    Terlebih lagi, sikap diplomasi Indonesia jelas bahwa menjunjung tinggi perdamaian dan menjauhi adanya pertikaian. Australia dari segi pertahanan menempati peringkat ke 17 dari 140 negara militer paling kuat menurut Global Fire Power.

    Padahal, pada tahun lalu masih diperingkat 19 dari 140 negara yang memiliki kekuatan militer yang tangguh. Artinya, dalam setahun mengalami perkembangan atau peningkatan kekuatan militer di Australia. 

    Tentu, dengan adanya peningkatan kerjasama dengan Australia merupakan hal yang luar biasa bagi Indonesia. Banyak keuntungan yang didapat dari kerjasama antara Australia-Indonesia salah satunya memperkuat pertahanan. 

    Bentuk kerjasama lainnya seperti pada Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement. Merupakan kerjasama yang menawarkan peluang dua arah dalam perdagangan barang, jasa, penanaman modal, SDM.

    Dengan adanya peningkatan kerjasama ini, meningkatkan perekonomian, SDM dan memperkuat pertahanan RI. 

    Sebagaimana diketahui, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima Duta Besar Australia untuk Indonesia H.E. Penny Williams di Kemhan, Jakarta 

    Dalam pertemuan tersebut, Prabowo membahas kemajuan progres kerja sama pertahanan RI dan Australia dalam beberapa bulan terakhir.

    "Indonesia selalu memandang Australia sebagai teman dekat dan mitra utama di kawasan, terutama di bidang pertahanan. Persahabatan dan kemitraan yang erat tersebut terjadi bukan hanya karena kedekatan geografis, tetapi juga kepentingan bersama,” kata Menhan Prabowo.

    Untuk diketahui, kerja sama dalam lingkup pertahanan antara kedua negara ini telah terjalin di berbagai bidang, di antaranya pelatihan dan pendidikan prajurit serta kesehatan dalam rangka mitigasi pandemi Covid-19.

    Menhan Prabowo pun berharap hubungan kerja sama tersebut dapat semakin menguat dalam semangat saling menghormati serta menghargai kepentingan nasional masing-masing.

    Adapun, Menhan Prabowo menegaskan komitmen Indonesia dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan melalui penguatan kerja sama pertahanan dengan negara-negara sahabat yang berbatasan langsung dengan Indonesia, serta dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan.

    “Kami berkomitmen untuk membuat kawasan ini tetap stabil, damai, dan sejahtera. Kami selalu berusaha mempromosikan solusi damai dan menghindari penggunaan kekuatan,” kata Prabowo.

    Sebelumnya, pada 9 September 2021, kedua negara telah memperbarui Defense Cooperation Arrangement (DCA) RI-Australia pada Defence Ministers’ Meeting and pertemuan 2+2 antara menteri pertahanan dan menteri luar negeri kedua negara. 

     

    Sumber : Okezone.com

    Ikuti tulisan menarik Gadis Desa lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.