Pendidikan Bela Negara untuk Siswa-siswa SD - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Sayyidina Aliudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juli 2019

Senin, 30 September 2019 09:47 WIB
  • Peristiwa
  • Pilihan
  • Pendidikan Bela Negara untuk Siswa-siswa SD

    Dibaca : 40 kali

    Generasi muda terutama pelajar merupakan sasaran utama Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dalam memupuk rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia. Maka tidak salah jika Menteri Ryamizard adalah pribadi yang mencintai dan dekat dengan pelajar.

    Intip saja, baru-baru ini Kemenhan menerima kunjungan 122 siswa dari sekolah dasar Bakti Mulya 400. Makin jelas bukan bila berbagai program kerja yang digodok Menteri Ryamizard, utamanya membidik generasi muda terutama pelajar. Berbagai bentuk pembinaan dan pembekalan tentang keIndonesiaan diberikan ke generasi muda, terutama tentang arti pentingnya bela negara di lingkungan sekolah yang harus diciptakan sejak dini.

    Pembekalan bela negara itu penanaman cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia Pancasila sebagai Ideologi negara, memiliki kemampuan awal bela negara, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

    Bela negara untk siswa SD, dikaitkan dengan bahwa mereka adalah penerus masa depan bangsa Indonesia. Hal itu diwujudkan dengan belajar kelompok, belajar disiplin dengan tidak datang terlambat pada saat masuk sekolah, serta berprestasi dalam setiap pelajaran ekstrakuliler. Dan tentu ikut upacara bendera setiap hari senin, sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Ibu Pertiwi. 

    Menteri Ryamizard menerapkan bela negara  bkan hanya dilingkungan penddidikan saja, tapi juga turun gunung memberikan pendidikan ke berbagai lini, seperti kalangan pemuka agama, ormas, sampai kelompok cendekiawan-cendikiawan. 

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.