x

Polisi

Iklan

Alfin Riki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 9 Oktober 2019 16:19 WIB

Ribuan Aparat Keamanan Siap Mengawal Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Ribuan Aparat Keamanan Siap Mengawal Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ribuan aparat keamanan siap diterjunkan dalam mengamankan pelantikan Presiden dan wakil Presiden, pada 20 Oktober 2019. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman kepada publik dan mendukung kelancaran proses inaugurasi Jokowi-Ma’ruf.

Puncak acara pesta demokrasi ini tinggal menghitung hari. Presiden dan wakil Presiden terpilih agaknya juga telah menunggu prosesi ini. Guna membangun bangsa lebih melesat lagi, lebih kokoh dan tangguh lagi. T

erlepas dari peristiwa yang menghiasi hari-hari menjelang akhir masa jabatannya, pelantikan ini akan menjadi hadiah terindah bagi pasangan Joko Wididi - Ma'ruf Amin. Peristiwa yang sedemikian komplek mulai dari yang terkesan kecil hingga sekelas elit politik, kerusuhan yang terjadi di beberapa wilayah cukup menguji kesabaran orang nomor satu ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, akan ada pelangi selepas badai. Dan prosesi Pelantikan yang dinantikan akan segera terlaksanakan, menyusul kabar baik dari pelbagai masalah yang dihadapi pemerintah. Pun dengan aparat keamanan, yang seakan tak kenal lelah mendukung negara. Kiprahnya yang turut menjaga serta mengamankan dari insiden yang terjadi harus diacungi jempol dan diapresiasi. 

Kabar terbaru menyebutkan Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menggelar istigasah serta doa bersama guna mendoakan Indonesia damai. Dalam istigasah tersebut juga terucap doa agar proses pelantikan Presiden RI pada 20 Oktober mendatang lancar, tanpa halangan suatu apapun. Luki menyebutkan selama ini pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan TNI untuk menciptakan kondisi yang aman dan damai.

Luki juga mengatakan adanya support dari seluruh masyarakat Jatim yang selalu guyub rukun sehingga sangat membantu Polri dalam mengamankan wilayahnya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI, R Wisnoe Prasetja Boedu  mengutarakan kesiapannya membantu polisi untuk menjaga wilayah Jawa Timur. Ia mentakan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut serta Angkatan Udara yang ada di Provinsi Jawa Timur akan memberikan dukungan pengamanan seperti waktu pemilihan Presiden.

Tak tanggung-tanggung sebanyak 27 ribu personel yang berupa gabungan Polri-TNI akan disiagakan guna menjaga pelantikan Presiden-Wakil Presiden 20 Oktober mendatang. Hal tersebut diaminkan oleh Kombes Pol Asep Adi Saputra, selaku Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri. Dia menyatakan pengamanan akan dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Prioritas pengamanan akan dipusatkan di daerah DKI Jakarta.

Dilaporkan penyiagaan penuh akan dilakukan dengan pengamanan aparat gabungan, sepanjang hari pelantikan berlangsung. Siaga pengamanan ini akan dinyatakan paripurna pada keesokan harinya. Operasi Mantap Brata ini akan berakhir pada tanggal 21 Oktober nanti. Sehingga dapat disimpulkan keseluruhan jajaran kepolisian akan ikut mengamankan.

 

Ikuti tulisan menarik Alfin Riki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler