x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Sabtu, 16 November 2019 03:56 WIB

Beberapa Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Konveksi

Banyak orang yang sukses menekuni usaha konveksi. Tetapi tidak semua orang tahu bagaimanakah cara mereka mendapatkan kesuksesan. Lantas bagaimanakah memulai usaha konveksi?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang yang sukses menekuni usaha konveksi. Tetapi tidak semua orang tahu bagaimanakah cara mereka mendapatkan kesuksesan. Kesempatan ssaha yang satu ini benar-benar menjanjikan. Salah satunya aspek terpentingnya ialah kurangnya saingan (pesaing) dan modal yang relatif kecil.

Baik itu konveksi kaos, konveksi tas, maupun aksesoris pakaian lainnya. Semua cukup menggiurkan oleh karena trend fashion yang terus berkembang dan kebutuhan manusia akan pakaian tidak akan pernah usai.

Langkah Mengawali Usaha Konveksi Rumahan

Usaha konveksi rumahan cukup menjanjikan. Tidak hanya memberikan keuntungan, usaha satu ini bisa mengurangi banyaknya pengangguran. Bila telah berjalan dan berkembang, usaha konveksi akan banyak memerlukan tenaga kerja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lihat perubahan masyarakat yang makin cepat, tentu saja keperluan tentang baju atau semua hal yang ada pada bagian garment akan bertambah. Tiap orang memerlukan baju. Karena inilah usaha konveksi yang akan menjawab keperluan itu.

Dalam satu bulan, sebuah usaha konveksi rumahan dengan 10 karyawan dapat mendapatkan pendapatan bersih 5 – 10 Juta perbulan. Ingat, pendapatan bersih lho. Benar-benar mengundang selera kan? . Tentunya semua butuh proses dan perjuangan yang cukup banyak. Semua dilewati dengan usaha keras dan kerja cerdas.

1. Persiapan Sebelum Mengawali Usaha Konveksi

Sebelum kita mengawali satu usaha, kita harus mempersiapkannya dengan masak. Sesudah kita menganalisis, kita harus betul-betul meyakini apa usaha yang akan kita lakukan sudah sesuai minat bisnis kita. Jangan pernah kita bosan dan berhenti ditengah-tengah jalan.

Sesudah kita meyakini dengan pilihan usaha yang akan kita lalui. Kita akan menyiapkan semua yang kita perlukan dalam mengawali usaha itu. Dalam artikel langkah mengawali usaha konveksi ini, kami sudah menyediakan lengkap dan modal yang kita perlukan.

2. Fasilitas yang Diperlukan Dalam Usaha Konveksi

Untuk mengawali usaha konveksi kita akan memerlukan beberapa perlengkapan diantaranya ialah :

  • Mesin Jahit
  • Mesin Obras
  • Mesin Overdeck
  • Mesin Rantai
  • Mesin Potong (Cutting)
  • Mesin Steam
  • Meja Potong
  • Perlengkapan Menjahit yang lain seperti Gunting, Meteran, dan lain-lain.

Tentang mesin dan perlengkapan yang diperlukan sesuaikan dengan jumlahnya karyawan serta jumlah produksi yang di hasilkan. Makin banyak karyawan tentu saja akan memerlukan mesin dan peralatan yang makin banyak juga.

3. Modal Untuk Mengawali Usaha Konveksi

Tiap usaha tentu memerlukan modal. Termasuk juga dalam usaha konveksi ini, untuk memenuhi semua fasilitas dan prasarana yang kita perlukan, karena itu kita harus keluarkan uang. Berikut ini akan kami beri kisaran modal yang di perlukan untuk mengawali usaha konveksi.

  1. Mesin jahit salah satu mesin yang benar-benar kita perlukan. Tentang merk yang akan dibeli tentu saja menyesuaikan selera. Seperti halnya mesin jahit dengan merk Juki. Untuk memperoleh mesin ini, kita harus mempersiapkan modal antara 2 – 3 Juta rupiah. Bergantung kelas yang kita inginkan. Makin tinggi harga, pasti mesin jahit yang kita dapat makin berkualitas.
  2. Harga satu mesin obras merk Juki dapat tembus angka 6 – 7 Juta rupiah. Bergantung tipe yang ingin kita beli. Mesin obras sendiri benar-benar kita butuhkan. Supaya bagian pinggir kain tidak rusak.
  3. Mesin Overdeck untuk menjahit bagian pinggir baju dengan dua jalan jahitan mempunyai harga 15 Jutaan. Mesin overdeck dengan merk Juki ada juga yang versi murahnya. Tetapi rata-rata beberapa penjahit lebih pilih merk juki walau kita harus keluarkan budget 15 Juta untuk memperoleh mesin ini.
  4. Salah satunya mesin yang kita perlukan dalam membuat suatu garis bermotif ialah mesin rantai. Mesin ini dibanderol dengan harga berkisar antara 5 – 6 Juta.
  5. Harga satu mesin potong 8 Inch ialah 2 Juta Rupiah. Dengan mesin potong ini, kita dapat memotong kain dalam jumlahnya yang sangat banyak. Hingga, kita dapat mengirit waktu dalam proses memotong bahan.
  6. Supaya produk yang kita hasilkan masih rapi, kita memerlukan satu mesin setrika uap. Mesin ini di sebut dengan istilah Mesin Steam atau boiler iron. Dan harga satu unit mesin ini sekitar antara 1 – 2 Juta rupiah. Bergantung merk serta kelas.
  7. Satu unit meja potong untuk memudahkan kita dalam memotong mempunyai harga 1 – 2 juta rupiah.
  8. Perlengkapan pendukung seperti Gunting, Jarum, Meteran, Kapur, dan lain-lain Kita anggarkan 1 Juta rupiah.

Dengan rata-rata angka di atas, untuk mengawali satu usaha konveksi kecil kita akan memerlukan modal sekitar Rp. 35.000.000,00 (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah). Angka ini sekedar hanya hitungan kasar saja. Dalam realisasinya kelak. Semua bergantung dari jenis mesin yang kita beli. Sebab merek serta kualitas benar-benar memastikan harga.

So, itulah beberapa langkah dan simulasi modal untuk usaha konveksi pakaian. Namun bila Anda ingin memulai usaha konveksi di segmen lain, misal konveksi tas seminar, tentu simulasi dan alat-alat yang dibutuhkan juga akan berbeda.

Semoga bermanfaat

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB