x

Iklan

Rofi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Desember 2019

Senin, 16 Desember 2019 15:15 WIB

Lagu - Lagu Kebangsaan yang Wajib Dinyanyikan Pada Hari Kemerdekaan

Lagu - Lagu Kebangsaan yang Wajib Dinyanyikan Pada Hari Kemerdekaan. Lagu kebangsaan adalah suatu lagu yang diakui menjadi suatu lagu resmi dan menjadi simbol suatu negara atau daerah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seluruh sekolah pasti memperkenalkan dan mengajarkan lagu-lagu nasional kebangsaan kepada murid-muridnya. Bahkan sampai sekarang, kita masih mengingat dan menghafal seluruh lagu yang sering dinyanyikan di sekolah dulu.

Tapi pertanyaannya, pernahkah kita memutar dan mendengar ulang seluruh lagu nasional yang menceritakan perjuangan dan semangat bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan? Nah, kali ini, yuk kita bahas lagu-lagu nasional yang wajib untuk dinyanyikan di hari kemerdekaan.

 

  1. Indonesia Raya
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lagu ini diciptakan dan diperkenalkan pertama kali oleh Wage Rudolf Soepratman, pada tanggal 28 Oktober 1928 bertepatan dengan Kongres Pemuda II di Batavia. Lagu ini merupakan lagu wajib yang tidak boleh absen di setiap upacara bendera, bahkan pada momen-momen ketika atlet-atlet kita sukses mengukir prestasi di dunia internasional. Jika diresapi liriknya, maka kita bisa merasakan perasaan haru, bahagia, bangga sekaligus sedih menjadi satu.

 

  1. Indonesia Pusaka

Lagu selanjutnya, lagu kebangsaan nasional yang pasti akan membuat kamu merinding setiap kali mendengarkannya adalah Indonesia Pusaka. Karya indah yang diciptakan oleh Ismail Marzuki ini akan membuat kita semakin jatuh cinta kepada bumi Ibu Pertiwi. Lagu ini menceritakan tentang betapa indahnya negeri kita. Bisa dikutip dari lirik: Sungguh indah tanah air beta. Tiada bandingannya di dunia. Karya indah Tuhan Maha Kuasa. Bagi bangsa yang memujanya.

 

  1. Tanah Airku

Lagu yang paling sering disiarkan di seluruh stasiun televisi dan radio. Yup, lagu yang diberi judul Tanah Airku ini diciptakan oleh Ibu Soed. Lagu ini juga sering dikumandangkan di acara-acara resmi kedutaan Indonesia di luar negeri. Jadi, untuk kamu yang sedang berada jauh dari bumi Ibu Pertiwi, kamu bisa mendengarkan lagu ini untuk mengobati rindu kepada tanah kelahiran.

 

  1. Berkibarlah Benderaku

Masih karya dari Ibu Soed, lagu nasional yang satu ini juga akan memberikan sensasi yang luar biasa setiap kali kamu mendengarnya. Siapa berani menurunkan engkau, serentak rakyat-mu membela. Lagu ini memberitahu kita bahwa tidak peduli sehebat atau setinggi apapun jabatan seseorang, seluruh rakyat Indonesia harus hormat kepada sang merah putih karena bendera merah putih merupakan simbol negara yang memiliki makna filosofis di dalamnya. Bagaimana seluruh pahlawan nasional kita rela berjuang sampai titik darah penghabisan demi bisa mengibarkannya.

 

  1. Garuda Pancasila

Dua media besar yang lahir di Indonesia yaitu RRI dan TVRI, selalu memutar lagu ciptaan Sudharnoto yaitu Garuda Indonesia ketika akan mengawali programnya. Lagu berirama penuh semangat ini cocok untuk membangun mood kamu dalam memulai hari. Jika SObat TunaiKita cermati lebih jauh, lagu kebangsaan yang satu ini mencerminkan keperkasaan bangsa kita yang patut untuk kita implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Gugur Bunga

Diantara seluruh lagu nasional kebangsaan Indonesia, mungkin bisa dibilang lagu Gugur Bunga merupakan lagu yang akan menguras emosi kamu. Lagu ini berisikan lirik yang menceritakan perjuangan para pahlawan yang gugur di medan tempur saat memperjuangkan serta mengabdikan dirinya untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dan seluruh rakyatnya.

Lagu ini merupakan interaksionisme simbolik kita dalam memuji jasa pahlawan yang telah wafat. Pada bagian akhir lagu ciptaan Ismail Marzuki ini, ada lirik lagu menyiratkan berjuta harapan akan tumbuhnya pahlawan-pahlawan baru yang bisa mengharumkan nama Indonesia

Sebenarnya masih banyak lagu nasional lain yang menceritakan perjuangan para pemuda dan pahlawan bangsa pada masa penjajahan dulu yang bisa kita dengarkan dan download di stafaband. Jadi ayo mulai mendengarkan dan mengajarkan kepada anak-anak kita untuk mendengarkan lagu-lagu kebangsaan.

Ikuti tulisan menarik Rofi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB

Terkini

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB