x

Sumber gambar: Shutterstock

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 8 Mei 2024 09:22 WIB

Delapan Strategi Kunci Melindungi Diri dari Bom Cinta

Bom cinta dapat membuat Anda mengabaikan tanda bahaya dan jatuh cinta pada seseorang yang menciptakan ilusi palsu. Berikut 8 tips untuk melindungi diri sendiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mempelajari cara-cara untuk mencegah bom cinta dapat menghemat waktu dan energi Anda.

Bom cinta terjadi ketika seseorang mengungkapkan pujian dan kasih sayang yang berlebihan dengan kecepatan yang tidak proporsional dengan tahap hubungannya saat ini, dalam upaya untuk memanipulasi orang yang dia kencani agar segera berkomitmen padanya.

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan sampel 484 partisipan menemukan bahwa perilaku bom cinta berkorelasi dengan orang yang memiliki harga diri rendah, menunjukkan kecenderungan narsistik, atau memiliki gaya keterikatan yang tidak aman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bom cinta pada awalnya mungkin tampak seolah-olah seseorang bersemangat untuk mengenal Anda dan mungkin merasa memikat, terutama jika Anda selama ini bergumul dengan orang-orang yang tidak konsisten atau tidak tersedia secara emosional yang tidak sepaham dengan Anda tentang komitmen.

Bom cinta dapat membuat Anda mengabaikan tanda bahaya dan jatuh cinta pada seseorang yang menciptakan ilusi palsu. Namun cepat atau lambat, permadani akan ditarik keluar dari bawah Anda saat topeng mulai terlepas dan warna aslinya mulai terlihat.

Apakah bom cinta adalah sesuatu yang pernah Anda alami sebelumnya atau sesuatu yang belum pernah Anda alami tetapi ingin melindungi diri Anda di masa depan, pertimbangkan 8 tips berikut saat Anda berkencan dengan orang baru:

1. Pertahankan kecepatan tetap.

Bom cinta adalah versi kencan yang dipercepat yang menciptakan ilusi kedekatan. Untuk mengenali tanda-tanda peringatannya, penting untuk tetap menjaga kecepatan saat Anda mengenal orang baru—tidak peduli betapa menggodanya untuk mengabaikan semua kewaspadaan.

Langkah yang stabil berarti terus mempertahankan hobi Anda dan menginvestasikan energi di bidang lain dalam hidup Anda di luar hubungan yang penting bagi Anda. Seorang pembom cinta sering kali mencoba mendominasi waktu Anda sejak dini dengan terus melakukan kontak dan menekan Anda untuk bertemu dia lebih sering daripada yang Anda rasa nyaman.

Bom cinta bukanlah perilaku seseorang yang sekadar bersemangat untuk mengenal Anda lebih baik; itu adalah pola perilaku yang dirancang untuk membuat Anda terikat padanya secepat mungkin. Karena pelaku bom cinta bisa jadi impulsif dan tidak sabaran, menjaga kecepatan selama tahap awal berkencan kemungkinan besar akan membuat dia patah semangat.

Menjaga kecepatan tetap juga berarti bahwa selama tahap awal berkencan, Anda meluangkan waktu untuk mengenal seseorang sebelum berkomitmen pada eksklusivitas, merencanakan aktivitas masa depan dalam 3-6 bulan, dan bertemu dengannya setiap hari.

2. Berlatihlah mengatakan tidak atau menetapkan batasan sejak dini dan amati responsnya.

Pelaku bom cinta fokus untuk membuat Anda terikat secepat mungkin sehingga dia biasanya impulsif dan tidak sabar. Dia mungkin menguji batasan Anda dengan bertindak seolah-olah Anda sudah menjalin hubungan meskipun Anda telah mengatakan bahwa Anda belum siap untuk bersikap eksklusif atau mengharapkan komunikasi terus-menerus, bahkan ketika dia tahu Anda sedang keluar bersama teman atau melakukan aktivitas lain. .

Jika dia mencoba mempercepat hubungan fisik atau emosional sebelum Anda merasa siap, berlatihlah menetapkan batasan dan amati respons dia. Jika Anda menyatakan ingin memperlambat laju hubungan, perhatikan baik-baik respons orang lain terhadap Anda. Apakah dia reseptif atau defensif? Tanggapannya dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang niat dia; akankah dia mempertimbangkan kebutuhan Anda atau hanya berfokus pada hubungan yang sesuai dengan persyaratannya?

Seseorang yang benar-benar peduli pada Anda dan merupakan pasangan yang matang secara emosional akan memprioritaskan kenyamanan Anda dan mencoba mencari solusi bersama Anda, daripada bersikap defensif.

3. Amati apakah tindakannya konsisten dengan perkataannya.

Seorang pelaku bom cinta pada awalnya akan terlibat dalam apa yang dikenal sebagai "berpura-pura di masa depan" dan membuat banyak janji kosong untuk membuat Anda terpikat pada potensi hubungan tersebut. Untuk mencegah diri Anda berfokus pada potensi, penting untuk fokus pada saat ini dan mengamati apakah tindakannya sejalan dengan perkataannya dari waktu ke waktu.

Orang yang sering melakukan bom cinta juga memiliki kecenderungan untuk menarik cintanya dan memberi Anda sedikit kasih sayang begitu dia menyadari bahwa Anda sepenuhnya berinvestasi dalam hubungan tersebut. Hal ini dapat menyiapkan panggung bagi Anda untuk mulai menekan kebutuhan Anda sendiri untuk mendapatkan kembali kasih sayang dan pengakuannya. Ini adalah alasan lain mengapa mengamati apakah tindakan mereka konsisten dengan kata-katanya saat Anda mengenalnya adalah hal yang penting.

Jika Anda melihat ada ketidakkonsistenan antara tindakan seseorang dan apa yang dia katakan, terus periksa diri Anda sendiri. Tanyakan: Kisah apa yang diceritakan oleh tindakan orang ini kepadaku?

4. Periksa diri Anda secara teratur.

Intuisi Anda adalah kekuatan super berkencan Anda. Kecenderungan umum bagi banyak orang adalah ketika dia mulai jatuh cinta pada seseorang, dia mengecilkan intuisi dan segala keraguan atau perasaan awal terhadap sesuatu yang dirasa tidak benar. Akan lebih mudah untuk mengabaikan tanda bahaya sejak dini ketika Anda adalah penerima bom cinta hanya karena hubungan emosional berada pada kecepatan super, yang dapat membuat memperlambat dan memeriksa diri sendiri jarang terjadi.

Baik itu bisikan halus atau bel alarm yang keras, luangkan waktu Anda untuk memperlambat dan mendengarkan baik-baik apa yang dikatakan intuisi Anda. Renungkan bagaimana perasaan tubuh Anda di hadapan orang ini, bagaimana perasaan Anda tentang hubungan yang berkembang, dan apakah ada kekhawatiran yang Anda miliki yang dapat bermanfaat jika didiskusikan dan ditanyakan lebih lanjut.

5. Berhati-hatilah untuk tidak mengacaukan chemistry untuk kompatibilitas.

Ciri khas dari bom cinta adalah chemistry yang kuat dan membuat Anda terhanyut. Meskipun chemistry itu bagus, chemistry dapat dengan mudah disalahartikan sebagai kecocokan dan menyebabkan Anda melewatkan tanda-tanda peringatan awal bahwa seseorang sedang membombardir Anda dengan cinta.

Salah satu cara untuk melindungi diri Anda dari kecocokan yang membingungkan adalah dengan mempelajari nilai-nilai inti orang lain dan apakah nilai-nilai tersebut selaras dengan nilai-nilai Anda. Chemistry Anda mungkin tidak masuk akal—tetapi jika nilai-nilai inti Anda tidak selaras, hubungan Anda tidak akan berkelanjutan.

Cara lain untuk memeriksa diri sendiri adalah dengan membayangkan Anda harus menghadiri kencan berikutnya dengan mata tertutup dan tanpa kontak fisik. Jika Anda tidak dapat melihat orang ini dan tidak ada kontak fisik, apakah Anda akan senang berbicara dengan dia? Jawabannya jelas.

6. Ajukan pertanyaan dan konsultasikan dengan dukungan terpercaya jika diperlukan.

Banyak orang sering kali takut “mengguncang” pada tahap awal berkencan dan akhirnya tidak menanyakan pertanyaan penting karena takut dihakimi atau menakuti orang lain. Sangat mudah untuk terjebak dalam bom cinta—ini bisa terasa seperti dongeng yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Karena bom cinta sering kali mengarah pada hubungan yang serba cepat dan akibatnya Anda mungkin cepat terikat, akan terasa lebih sulit seiring berjalannya waktu untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan penting yang tidak terasa menyenangkan. Apakah Anda bertanya-tanya tentang sesuatu yang tidak sesuai dengan Anda, Anda ingin tahu lebih banyak tentang komentar yang dibuat, atau Anda ingin tahu lebih banyak tentang niat berkencan orang tersebut, penting untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk menentukan kompatibilitas. serta seberapa reseptif orang lain dalam melakukan percakapan jujur. Meskipun seseorang bisa berbohong atau tidak jujur, Anda perlu memperhatikan intuisi Anda dan perasaan Anda tentang caranya menjawab pertanyaan.

Meskipun Anda ingin membangun kepercayaan pada diri sendiri dan mampu membuat keputusan yang selaras dengan kepentingan terbaik Anda, ada baiknya juga jika Anda merasa buntu untuk berkonsultasi dengan teman, keluarga, atau terapis yang Anda percayai dan dapat memberikan bantuan kepada Anda umpan balik yang jujur ​​tanpa mencoba mengendalikan keputusan Anda.

7. Jika orang yang peduli pada Anda mengungkapkan kekhawatirannya, renungkan alasannya.

Saat Anda merasa senang dengan orang baru, Anda akan mudah melihat titik buta dan mengabaikan masukan orang lain. Anda mungkin merasionalisasi kekhawatiran teman atau keluarga, dengan berpikir bahwa dia tidak mengenal orang tersebut sebaik Anda, sehingga dia tidak dapat memahami situasinya dengan akurat.

Kunci untuk mempertimbangkan masukan orang lain saat Anda berkencan dengan orang baru adalah dengan hanya mempertimbangkan masukan dari orang yang Anda percayai dan tahu bahwa mereka mempunyai niat terbaik dalam pikiran Anda. Jika Anda menerima tanggapan serupa dari beberapa orang yang Anda percayai tentang hubungan Anda, itu adalah isyarat bagi Anda untuk memperlambat dan merenungkan apa yang mereka katakan.

8. Perhatikan cara dia mendiskusikan hubungan masa lalu.

Seseorang yang sering terlibat dalam bom cinta sering kali meninggalkan jejak hubungan yang cepat berlalu, dengan sedikit ruang di antara hubungan untuk berkembang atau belajar dari kesalahan masa lalu.

Amati bagaimana dia menggambarkan hubungan masa lalunya. Apakah dia menggunakan bahasa yang menghina atau menyebut semua mantannya sebagai orang gila? Apakah dia bertanggung jawab atas perannya dalam hancurnya hubungan di masa lalu atau apakah dia terus-menerus menyalahkan mantan atas kegagalan hubungan mereka? Apakah dia memiliki ruang dan waktu yang cukup di antara hubungan atau tampak berpindah dari satu hubungan ke hubungan berikutnya?

***

Solo, Selasa, 7 Mei 2024. 7:49 pm

Suko Waspodo

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler