x

Iklan

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Kamis, 19 Desember 2019 17:12 WIB

Chrystian Pohan: Pengalaman Luar Biasa Bergabung di BUMN


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Urusan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) bukan hal baru bagi orang yang berkecimpung di bidang ilmu psikologi.  Pendidikan psikologi sudah membekali, diantaranya, untuk dapat mengenali kepribadian manusia, mengevaluasi, hingga mengembangkan SDM.

Namun bagi Chrystian Reynaldo M. Pohan, alumni Psikologi UPH 2008, pengalaman pertama bergabung di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan pengalaman yang luar biasa. Tugas utama yang harus dijalankan Chrys, sebagai Human Capital Division Head di  Perum DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia),  membantu membenahi sistem dan budaya Sumber Daya Manusia-nya.

“Saya harus belajar banyak hal dari segi pengetahuan dalam governance, Skill yang perlu dikembangkan dalam memimpin dan bertanggungjawab terhadap keilmuan saya, serta perilaku santun dan sopan yang perlu diperdalam”, ungkap Chrys.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ia mengaku harus dimulai dari hal-hal kecil, contoh sederhana, menurut Chrys, yang baik dan perlu dibudayakan yaitu saat bertemu orang harus membiasakan diri untuk tersenyum, dan berjabat tangan. tau saat sedang berbicara di depan perlu terbiasa pengucapan “Mohon izin, dst”.

Bekerja di BUMN selain merupakan pengalaman yang luar biasa, tentu ada tantangan tersendiri yang Chrys hadapi yaitu beradaptasi dengan pekerjaan yang diberikan dan berkomunikasi dengan orang internal/eksternal secara benar.

“Cara mengatasinya adalah saya banyak berkonsultasi dengan orang-orang yang saya anggap sebagai mentor, dan keluarga serta orangtua saya untuk mendapatkan banyak sudut pandang dan pemahaman tentang tantangan yang saya hadapi,” ungkap Chrystian.

Selain bertanya dengan rekan-rekan senior, Chrys juga banyak mendapatkan masukan dari komunitas yang diikutinya. Salahnya satunya yang dia aktif bergabung  “Kingdom Business Community”. Komunitas dimana orang-orang muda yang terlibat di marketplace, saling menguatkan dan saling berbagai untuk hidup benar dalam dunia bisnis. Chrystian aktif sebagai pengurus, dan juga anggota aktif.

Namun, pengalaman saat kuliah melalui kesempatan berkuliah di UPH, diakui menjadi tempat ia belajar banyak soft skill yang diperlukan dalam menjalankan kariernya. Pengalaman organisasi kemahasiswaan, sosial, dan organisasi kerohanian.

 “UPH telah menanamkan ke dalam diri saya untuk tetap berpegang teguh terhadap kehidupan Kristen yang ber-Akar, ber-Tumbuh, dan ber-Buah dalam dunia Bisnis/Marketplace," ujar Chrystian.

Ikuti tulisan menarik Aurelia Natasya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu