x

Universitas Airlangga. unair.ac.id

Iklan

Kampus Unair

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2019

Jumat, 27 Desember 2019 16:24 WIB

Unair Masuk 10 Besar Kampus Terbaik Indonesia Berdasar Kinerja Riset


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) mengumumkan hasil Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian terbaru.

Hasil evaluasi tersebut berupa pemeringkatan kampus di Indonesia berdasarkan kualitas kinerja penelitian masing-masing perguruan tinggi.

Hasilnya,  Universitas Airlangga (Unair) berada di posisi ke -6 sebagai kampus terbaik berdasarkan kinerja penelitian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, Unair ikut serta dan berkontribusi dalam perkembangan riset dan inovasi untuk mendukung pembangunan nasional.

“Saya mengapresiasi perkembangan Unair yang telah berkontribusi melahirkan ratusan ribu sarjana serta menghasilkan riset dan inovasi untuk mendukung pembangunan nasional di masa sekarang maupun di masa yang akan datang,” ujar Prof. Bambang.

Prof. Bambang juga menginginkan di 2045 Indonesia masuk sebagai negara dengan kategori pendapatan tinggi. Menurutnya, hal itu dapat diwujudkan dengan cara membangun Indonesia yang adaptif, kompetitif, inovatif, dan produktif melalui penguatan ecosystem research dan inovasi khususnya di perguruan tinggi.

Dia menambahkan, Indonesia memiliki kekayaan sangat signifikan yang belum dikelola dan dimanfaatkan. Ke depan, diperlukan perubahan paradigma dengan SDM unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengubah paradigma ekonomi Indonesia dari Resource-Based Economy menjadi Inovation-Based Economy.

“Satu hal yang sangat penting ialah menerapkan konsep ekonomi berbasis inovasi yang pada intinya adalah memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengelola dan melaksanakan sektor-sektor produksi nasional, inovasi harus dilakukan melalui sinergi antar stakeholder nasional yaitu akademisi, bisnis, dan pemerintah,” ujarnya.

Kemudian, Prof. Bambang juga menjelaskan perlunya riset dan inovasi di bidang kesehatan. Dalam hal ini Prof. Bambang menghargai Unair yang telah melahirkan berbagai produk riset dan inovasi yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat, diantaranya adalah inovasi Stem Cell dan kapsul dari cangkang rumput laut.

“Seperti produk stem cell yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit ini. Produk atau temuan-temuan yang semacam ini harus lebih banyak dilahirkan oleh para ilmuan di perguruan tinggi,” ujar Bambang saat berkunjung ke Surabaya.

“Dari sini kita membuktikan kita mampu mengembangkan dan memproduksi sendiri obat-obatan dan alat kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” tambahnya.

Ikuti tulisan menarik Kampus Unair lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler