x

Iklan

Kampus Unair

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2019

Rabu, 15 Januari 2020 17:31 WIB

UNAIR dan IIT Delhi Jalin Kerja Sama Pendidikan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Universitas Airlangga (UNAIR) menjalin kerja sama dengan Indian Institute of Technology Delhi (IIT Delhi), salah satu universitas ternama yang ada di Asia. Kerja sama ini dalam rangka UNAIR menuju 500 World Class University (WCU) sekaligus sebagai persiapan membuka Sekolah Teknologi Maju dan Multidisiplin.

Kerja dilakukan di bidang join research, student mobility dan pertukaran mahasiswa PhD dan profesor. Pertemuan keduanya diadakan di Ruang Rapat Rektor Lt. 4, Kantor Managemen UNAIR, Kampus C, Kamis (9/1/2020).

IIT Delhi sendiri adalah institut teknologi dan riset yang berada di New Delhi, India. Institusi ini berada di posisi 4 dunia dalam pengembangan unicorn startup dan menduduki posisi 172 dalam WCU. Institusi yang dijuluki "MIT India" ini juga telah bekerja sama dengan berbagai universitas ternama di Eropa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pertemuan tersebut hadir Wakil Rektor I Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si, beserta jajaran pimpinan, Nomesh Bhojkumar Bolia selaku National Coordinator for ASEAN PhD Fellowship Programme for ASEAN Students to study at IITs didampingi oleh Prof. Sunil Kumar Khare selaku Professor of Biochemistry and Institute Chair Profesor dan Ankush Agrawal selaku assistant professor di Institute of Economic Growth Delhi.

Hal ini disambut baik oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si. Ia menyambut kerja sama tersebut dengan penuh rasa percaya diri karena adanya hubungan bilateral yang baik antara Indonesia dengan India dari waktu ke waktu.

Prof. Nyoman menekankan bahwa tidak hanya kerja sama dalam pengembangan 5 prodi baru saja yang akan mereka jalin, namun juga adanya kolaborasi antara academic community seperti kesehatan masyarakat dan keperawatan.

Kerja sama tersebut juga diharapkan bisa terlaksana dalam bidang dental, salah satu bidang yang sedang dikembangkan IIT Delhi dengan mengembangkan teknologi dental menggunakan nanoteknologi.

“Jadi kami juga menginginkan mahasiswa exchange tidak hanya belajar di kelas namun juga belajar bersama masyarakat dengan program kebudayaan kami,” kata Prof. Nyoman.

Sementara itu, perwakilan dari IIT Delhi, Nomesh Bhojkumar Bolia menyampaikan bahwa kerja sama tersebut memiliki potensi yang sangat besar. Ia juga berharap bahwa kedepannya UNAIR akan mendatangkan mahasiswanya untuk mengenyam ilmu di IIT Delhi.

Selain itu, ia juga berharap bahwa kerja samanya dengan UNAIR bisa memperluas kerja sama IIT Delhi di Asia Tenggara.

“Kami telah menjalani meeting yang sangat baik dan potensi kerja sama UNAIR tentu sangat besar dikarenakan fokus studi yang akan dikembangkan di prodi-prodi baru UNAIR juga sama dengan fokus studi kami juga,” pungkasnya.

“Kerja sama ini akan dilaksanakan berupa joint research, student mobility, dan pertukaran mahasiswa PhD dan profesor,” ungkap Nomesh.

Ikuti tulisan menarik Kampus Unair lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler