Habis Hari Raya Terbitlah Asam Urat dan Kolesterol - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

trust herbal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2020

Rabu, 29 Januari 2020 16:20 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Habis Hari Raya Terbitlah Asam Urat dan Kolesterol

    Dibaca : 207 kali

    Jakarta - Baru saja beberapa hari yang lalu beberapa penduduk Indonesia merayakan Imlek. tentunya menyambut imlek semua orang mengusahakan yang terbaik dimulai menampilkan dekorasi yang identik dengan merah, dan tentunya yang tak terpisahkan adalah makanan berat dengan berbagai rasa. 

    Tentu banyak makanan disiapkan khusus saat imlek sangat sayang jika dilewatkan, hal itu yang membuat peningkatan berat badan yang melunjak tiba-tiba. Hal itu berdampak pada kesehatan tubuh dimana tiba-tiba saja kolesterol dan asam urat di atas batas normal. 

    Dasarnya nilai normal kolesterol harus kurang dari 200 mg/dl dan untuk asam urat 3,5-7,2 mg/dl. kenaikan itu terjadi karena banyak makanan berat yang dikonsumsi dan tidak sebanding dengan apa yang dikeluarkan. 

    Terbentuknya asam urat itu dikarenakan penguraian purin yang terdapat pada beberapa jenis makanan termasud daging merah, hidangan laut, dan jeroan, dan kolesterol didapat dari makanan yang mengandung lemak. 

    Purin yang tidak terbuang tersebutlah menjadi Asam urat, nah ketika asam urat menumpuk, terbentuklah krstal seperti jarum pada beberapa bagian sendi yang menyebabkan nyeri pada sendi timbul. 

    Tubuh akan merasa kaget ketika pola makan yang biasa normal dengan gizi seimbang tiba-tiba melonjak tinggi ketika diberikan konsumsi makanan berat berlebihan. Banyak ragam penyakit menghampiri tubuh akibat pola makan berlebih saat lebaran hal ini juga tidak terjadi saat imlek saja hal ini juga terjadi saat perayaan besar lainnya. 

    Jika terjalnjur mendapati kolesterol dan asam urat yang tinggi, sebaiknya kurangi makanan tinggi lemak, makanan yang mengandung purin dan lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengontrol kadar kolesterol dan asam urat. 


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.