Bak Sulap, Tiongkok Bikin RS Corona dalam Hitungan Hari, Begini Faktanya - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Rumah Sakit China

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Kamis, 30 Januari 2020 15:00 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Bak Sulap, Tiongkok Bikin RS Corona dalam Hitungan Hari, Begini Faktanya

    Rumah sakit yang bernama Leishenshan itu disiapkan pinggiran kota Wuhan. Mulai digarap pada pekan lalu, pengerjaan proyek tersebut berjalan lancar

    Dibaca : 21.610 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Di tengah  kecemasan  terhadap penyebaran virus Corona, kini dunia menyaksikan upaya luar biasa pemerintah Tiongkok  dalam menyiapkan rumah sakit baru.  Negara China sedang membikin fasilitas untuk merawat pasien pengidap virus  yang berbahaya itu.

    Rumah sakit yang bernama Leishenshan itu disiapkan di  pinggiran kota Wuhan. Mulai digarap pada  pekan lalu, pengerjaan  proyek tersebut  berjalan lancar.  Pemerintah China menargetkan rumah sakit itu siap digunakan pada 5 Februari 2020.

    Bayangkan,  dalam waktu sekitar 2 pekan, pemerintah Tiongkok sanggup membikin rumah sakit dari tanah kosong hingga  siap beroperasi.  Hal ini  hanya mungkin dilakukan di negara otoriter yang bisa memobilisasi sumber daya manusia, dana, perlengkapan konstruksi,  dan perlengkapan medis secara cepat.

    Tayangan langsung televisi China mengenai proses pembangunan rumah sakit itu ditonton jutaan penduduk dunia. Inilah fakta-fakta menarik dari pembuatan rumah sakit tersebut:

    1.Daya tampung 1600 pasien
    Rumah Sakit Leishenshan  atau Dewa Gunung Guntur dibangun di Distrik Jiangxia, daerah pinggiran di selatan Wuhan. Luas lahan yang digunakan  sekitar 60.000 meter persegi (14 hektar) dengan rincian  12 hektar untuk  karantina dan 2,2 hektar  buat asrama.

     

    Mula-mula rumah sakit disiapkan untuk menampung sekitar 1000 pasien, tapi belakangan dikembangkan hingga sanggup menerima 1.600 pasien.

     

    Selanjutnya:  memasang lego

    Ikuti tulisan menarik Dian Novitasari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.