x

Iklan

Rizki Alfaizi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2020

Minggu, 2 Februari 2020 13:10 WIB

Tingkatkan kesadaran pentingnya cuci tangan dan gosok gigi, KKN 08 UMM gelar penyuluhan PHBS


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

KKN 08 UMM pada kamis pagi adakan pengenalan tata cara cuci tangan dan Gosok gigi yang benar di SDN 01 Karangnongko. Program ini digagas oleh divisi kesehatan dan lingkungan dimana sasaran dari program ini siswa kelas 1, 2, dan 3 yang berjumlah 45 orang (30/01/2020).

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menyadarkan pentingnya pola hidup bersih dan sehat kepada siswa SDN 01 Karangnongko, kegiatan ini diawali dengan memberikan materi melalui video animasi yang kemudian di follow up dengan dilakukannya praktek cuci tangan dan gosok gigi.

Tri Choirun Nissa menuturkan kegiatan semacam ini selayaknya diadakan disetiap sekolah agar dapat meningkatkan kesadaran pola hidup bersih dan sehat sejak usia dini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan itu juga mengatakan “dampak dari kegiatan ini tidak secara jelas bisa dirasakan sekarang, butuh waktu dan proses pembiasaan secara bertahap agar pola hidup bersih dan sehat menjadi sebuah kebiasaan”.

Kunci penanaman perilaku hidup sehat adalah rumah dan sekolah. Di rumah dan sekolah harus nyambung, kalau tidak akan terjadi kebingungan pada anak mana yang harus diikuti. Sementara Moh. Jufri selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan proker pola hidup bersih dan  sehat yang dilakukan KKN 08 UMM siswa SDN 1 Karangnongko yang semula terbisa dilakukan di sekolah akan terbiasa juga dilakukan di rumah.

Lebih lanjut Jufri menyatakan gerakan PHBS (pembiasan hidup bersih dan sehat) untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat.

Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memensuhi standar kesehatan.

Bu via selaku guru SDN 01 Karangnongko mengucapkan terimakasih kepada KKN 08 UMM  telah memberikan pengenalan bagaimana tata cara cuci tangan dan gosok gigi yang benar untuk anak – anak di SDN 01 Karangnongko, semoga dengan diberikanya pengenalan ini anak – anak bisa selalu menjaga kebersihan dan kesehatan terutama untuk  diri sendiri. (AJI/AYI)

 

Ikuti tulisan menarik Rizki Alfaizi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

9 menit lalu

Terpopuler