x

UMKM Universitas Esa Unggul

Iklan

Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Rabu, 5 Februari 2020 07:20 WIB

Mengembangkan Produk UMKM dengan Rumah Kreatif

Rumah Kreatif sarana mengembangkan produk UMKM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ekonomi UMKM adalah penyumbang terbesar PDB Indonesia. Hampir separuh pekerja Indonesia terserap di sektor ini. Besarnya ekonomi UMKM tentu saja masih bisa dioptimalkan lagi, mengingat potensinya sangat besar dibanding dengan kondisi eksisting hari ini. Pengembangan UMKM karenanya menjadi penting, tidak hanya untuk meningkatkan kontribusi terhadap PDB, namun juga kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja. Salah satu daerah yang mengembang ekonomi UMKM ialah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Bupati Berau, H. Muharram menenkankan penting peran dan UMKM bagi ekonomi Berau dan harapannya agar UMKM masih bisa melompat lebih tinggi lagi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Bupati Berau H. Muharram, ialah membentuk rumah kreatif. Dimana di rumah kreatif ini warga yang memiliki UMKM akan diberikan pelatihan untuk mengembangkan produknya dan, rumah kreatif ini juga dapat menjadi hub atau penghubung antara produsen dengan konsumen.

Dilansir laman Prokal.co,  disela-sela acara pelatihan UMKM oleh rumah kreatif, Bupati Berau H. Muharram, mengatakan bahwa peserta pelatihan yakni pengusaha muda, bisa saja memulai bisnis yang sederhana, namun kedepan tentu akan menjadi bisnis yang besar lewat kerja kreatif usaha dan berjejaring di dalam asuhan rumah kreatif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu program rumah kreatif juga diharapkan mampu mengembangkan promosi produk-produk unggulan Berau, yang memiliki ciri khas tersendiri dengan kualitas yang tidak kalah baiknya dengan produk dari daerah lain. Dengan memanfaatkan teknologi digital, maka produk-produk unggulan hasil dari rumah kreatif dapat dipasarkan ke tingkat nasional atau bahkan internasional yang akhirnya menyejahterakan warga berkat UMKM unggulan produk asal Berau.

Ikuti tulisan menarik Rizki Siahaan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB