x

Iklan

Abu Ubaidillah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Februari 2020

Minggu, 9 Februari 2020 17:15 WIB

Wanita Muda Ini Temukan Kesamaan Ajaran Kristen dan Islam

Seorang wanita mualaf asal Amerika Serikat, Theresa Corbin menemukan kesamaan ajaran agama Islam dan Kristen.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Theresa Corbin memutuskan untuk memeluk agama Islam pada tahun 2001, sebelumnya dia memeluk agama Kristen dengan berkeyakinan kepada Tuhan Yesus. Wanita ini hidup di dunia yang multi-religi.

Ayahnya seorang atheis sedangkan ibunya seorang Katolik yang sangat taat. Ia bersama saudara-saudara kandungnya kemudian hidup dan lahir sebagai seorang Katolik. Belajar di sekolah Katolik dan beribadah di gereja.

Pada usia remaja, Corbin memutuskan belajar agama Islam. Ia pun mengetahui meski banyak ajaran Alkitab yang ditulis ulang oleh manusia, namun masih ada beberapa hal yang bertahan sesuai tradisi Yesus pada zamannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setelah mempelajarinya, ia pun mengetahui beberapa ajaran Islam yang ternyata juga terdapat pada ajaran Katolik. Contohnya seperti dahi berwarna hitam. Serta masih banyak lagi kesamaan-kesamaan ajaran yang ia temukan.

Dalam Islam terdapat ajaran Ashbabul Kahfi yakni ditidurkannya 7 pemuda di dalam gua selama beberapa ratus tahun. Hal tersebut telah dijelaskan secara jelas pada surat Al-Kahfi. Sementara dalam Katolik terdapat kisah mengenai 7 orang tertidur, namun kisahnya ditulis ulang dengan nama tokoh Rip van Winkle sehingga jalan ceritanya juga sedikit berbeda.

"Dan Tuhan membuat mereka tidur selama 300 tahun untuk melindungi mereka. Dalam Surah ke-18 Alquran, kisah yang sama tentang para pemuda saleh yang tidur selama bertahun-tahun diceritakan. Dan setiap ketidakakuratan yang ditambahkan selama bertahun-tahun diperbaiki," kata Corbin.

Corbin juga menyinggung tentang hijab. Dikatakan bahwa orang Kristen kebanyakan dibesarkan dengan ikonografi Bunda Maria yang merupakan wanita pengguna jilbab. Hal ini tidak banyak disadari oleh kaum Katolik bahwa perintah tersebut ada dalam Alkitab.

Corbin juga melanjutukan tentang persamaan arah ibadah antara Islam dan Kristen. Menurutnya, keduanya sama-sama menceritakan bahwa arah beribadah adalah menghadap ke satu tempat yang diyakini paling suci.

Masih banyak persamaan lainnya antara Kristen dan Islam. Maka dari itu kita harus senantiasa mengucap doa pengakuan dosa, doa istighfar, atau doa mensyukuri nikmat untuk meminta maaf dan bersyukur kepada sang Pencipta Alam.

Ikuti tulisan menarik Abu Ubaidillah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu