Jalur Trekking Baru di Labuan Cermin - Travel - www.indonesiana.id
x

Nabil Irhamsyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Rabu, 12 Februari 2020 09:59 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Jalur Trekking Baru di Labuan Cermin

    Dibaca : 1.061 kali

    Berau merupakan ujung tombak pariwisata bagi Provinsi Kalimantan Timur. Posisinya yang langsung menatap Laut Sulawesi dengan gugusan kepulauan kecil yang kaya akan biodiversitas biota laut yang indah. Berau memiliki banyak lokasi-lokasi wisata yang indah, mulai dari Pulau Derawan, Pulau Maratua, Tanjung Batu dan Danau Cermin.

    Danau Cermin, atau bisa disebut Danau Labuan Cermin merupakan salah satu lokasi wisata air yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau. Lokasi Wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan kerjasama oleh Lembaga Masyarakat Labuan Cermin. Asal mula panggilan Danau Labuan Cermin dari penampakannya yang mengkilap seperti cermin karena danau ini merupakan danau campuran antara air asin di bagian dasar dan tawar di bagian permukaan.

    Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan yang ingin berkunjung dapat ditempuh baik melalui jalur darat maupun air. Untuk jalur darat, wisatwawan bisa menggunakan mode transportasi darat dari kota Samarinda atau Sangatta menuju Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh selama 13 jam. Untuk perjalanan lewat jalu air, wisatawan dapat menggunakan perahu sewa seharga Rp 200 ribu dari Tanjung Redep dan dilanjutkan ke Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh 6 jam.

    Sesampainya di sana, wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang, menyelam, snorkling. Tidak perlu khawatir apabila anda tidak membawa peralatan snorkling karena di lokasi banyak tersedia tempat penyewaan alat-alat tersebut.

    Untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan hutan yang mengelilingi Danau Cermin, anda bisa menelusurinya melalui jalur trekking yang baru saja selesai pada akhir tahun 2019. Jalur ini memiliki panjang 1,8 kilometer yang mengelilingi danau. Tidak perlu khawatir jika anda lapar atau haus setelah berkeliling. Karena ada banyak tempat makan dengan kuliner khas Berau. Dan jika sudah puas berwisata, jangan lupa membeli buah tangan dari toko-toko suvenir di sana.

    Pembangunan jalur trekking ini sejalan dengan cita-cita Bupati Berau Muharram, beliau mengharapkan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan memberdayakan usaha ekonomi kecil menengah yang berbasis kerakyatan.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.