Bupati Tasikmalaya Serius pada Pogram Pesantrenomic

Senin, 9 Maret 2020 06:13 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tasikmalaya yang mendapatkan julukan sebagai daerah dengan 1.000 pesantren semakin serius untuk menjadikan pesantren sebagai lokomotif utama percepatan pembangunan ekonomi di daerahnya. Gagasan Bupati Ade Sugianto bahwa pesantren harus menjadi basis tumbuhnya pembangunan ekonomi umat direalisasikan salah satunya melalui program Pesantrenomic.

Pesantrenomic merupakan program yang digagas oleh pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan di lingkungan pesantren. Program ini secara jelas akan menggandeng para pengurus pondok pesantren dan santri di Kabupaten Tasikmalaya. Salah satu yang telah berhasil dilaksanakan ialah di daerah Cikatomas dan sekitarnya. Melalui program Pesantrenomic tersebut, pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berhasil memberikan pembinaan hewan ternak. Pelatiha tersebut melibatkan para pengurus pondok dan santri yang difungsikan layaknya pusat ekonomi dan kreativitas.

Program ini pun juga dapat dilihat sebagai prototype “rumah siap ker<--more--><--more-->ja” bagi para santri di Tasikmalaya. Jika program Pesantrenomic ini berhasil dan secara kontinyu dapat berlangsung, maka secara bertahap diyakini dapat memberikan kontribusi bagi penyelesaian permasalahan lapangan kerja di Tasikmalaya. Program pelatihan dan pendampingan ini dapat memberikan pembiasaan kepada para santri yang masih belajar untuk mencicipi dunia wirausaha, sehingga saat tiba waktunya mereka untuk kembali ke jajaran masyarakat nantinya, para santri telah memiliki daya saing untuk membuka lapangan kerja setidaknya bagi diri mereka sendiri.

Oleh sebab itu, melalui komitmen berkhidmat untuk umat, Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto memasukkan Pesantrenomic ini ke dalam salah satu fokus utama program yang akan dijalankan di Kabupaten Tasikmalaya secara berkelanjutan. Selain itu, kualitas pelatihan dan pendampingan seperti skill pemasaran produk juga akan terus di tingkatkan.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Cahaya Tasikmalaya

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler