Artis OKB dan Sinetron Orang Miskin Baru (OMB) di Tengah Corona - Analisa - www.indonesiana.id
x

OKB

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 22 Maret 2020 07:26 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Artis OKB dan Sinetron Orang Miskin Baru (OMB) di Tengah Corona

    Dibaca : 683 kali

    Gaya hidup artis Indonesia dan hadirnya tayangan sinetron Orang Miskin Baru (OMB) di tengah wabah corona, harusnya dapat dijadikan momentum untuk kita semua mawas diri dan dapat bersosialisasi dengan situasi dan kondisi.

    Atas wabah virus corona, kini segenap rakyat Indonesia dan dunia bertarung mengindari, mencegah, dan mengobati, dan sebagain rakyat Indonesia khususnya yang hidup dari usaha sektor informal berjuang untuk bagaimana tetap dapat makan, pun terhindar dari terpapar virus mematikan ini karena pemerintah menganjurkan untuk semua warga berdiam diri di rumah.

    Namun, ternyata pemerintah masih tak memerhatikan berita dan tayangan tentang artis kita yang tetap penuh dengan pamer gaya hidup ala borjuis. Malah, tayangan gaya sok kaya para artis ini, selain menjadi konsumi media massa dan televisi demi menaikkan oplah penjualan dan rating penonton, justru dijadikan lahan mencari untung mereka di chanel youtube dan medsos mereka. 

    Mereka begitu enteng dan tak berperasaan, membagikan deretan kehidupan pribadi yang penuh kemewahan dan bergelimang harta tanpa berpikir bahwa sebagian besar rakyat Indonesia, hingga kini, bekerja sekadar untuk makan hari ini saja susah. 

    Lebih dari itu, kebanyakan artis-artis yang sering hilir mudik jadi sasaran tayangan media massa dan televisi, sejatinya juga tak berpendidikan tinggi, karenanya mereka hampir mustahil dapat mengendalikan kecerdasan emosionalnya dengan mawas diri dan melihat masyarakat sekitarnya. 

    Mumpung pamor masih di atas, hajar terus apa yang mereka mau agar job terus mengalir dan chanel youtubenya pun menghasilkan rupiah. 

    Berbanding terbalik dengan artis yang karena kepiawaiannya, kualitasnya, dan pendidikannya, hingga kini membuat mereka tetap bertahan diblantika hiburan tanah air, tetap kaya harta pun kaya hati. 

    Seiring dengan waktu, banyak pula artis karbitan yang miskin kecerdasan, miskin hati, namun kemaruk harta. Saya menyebutnya, inilah golongan artis-artis tengil menyebalkan dalam sikap dan perilaku di Indonesia yang terus dininabobokan oleh media massa dan televisi, bahkan di saat virus Corona menyerang saja, mereka tetap cengengesan pamer harta dan kemewahan. 

    Hingga ada kehidupan pribadi artis yang malah dijadikan tayangan khusus, meski materinya, layaknya hanya bisa dikonsumsi oleh sebagian kecil masyarakat.

    Momentumnya sangat tidak pas, tak berperasaan, seolah dunia hanya milik mereka. Terus unjuk harta, kekayaan, kemewahan, pelesiran agar disebut artis kaya Indonesia. 

    Padahal jika dibandingkan dengan artis-artis papan atas dunia, banyak dari mereka yang lebih kaya dengan artis tanah air namun tetap memiliki gaya hidup yang sederhana. 

    Bedanya, artis papan atas dunia, memiliki bekal kecerdasan intelegensi, kecerdasan emosional, hingga menyadari bagaimana berperilaku dalam kehidupan sosial, yang tetap sama dengan masyarakat lain. 

    Karenanya mereka sadar, yang membikin mereka menjadi artis papan atas adalah penggemar dan masyarakat. 

    Bila pada akhirnya sangat sering kita jumpai komentar netizen di berbagai media massa dan medsos tentang perilaku artis Indonesia yang menyebut sebagai orang kaya baru (OKB) menjadi tidak salah, sebab perilaku tengil mereka memang OKB. 

    Dalam brilio.net yang tayang pada 7 September 2016, empat tahun yang lalu, artikelnya ternyata merangkum ada 7 artis Indonesia paling demen pamer kekayaannya di media sosial. Siapa 7 artis itu? 

    Saya tidak akan mengungkapnya. Sebab, masyarakat Indonesia yakin dapat menebak siapa 7 artis yang OKB itu. Selain brilio.net, juga banyak media yang membicarakan gaya artis Indonesia yang OKB. 

    Berbeda dengan brilio.net, ternyata media bombastis.com pada 5 Desember 2017, menyoroti 5 artis tajir Indonesia yang gayanya bak rakyat jelata di medsos. 

    Nah, bagaimana di tahun 2018, 2019, dan kini di tahun 2020 bertepatan dengan hadirnya wabah virus corona? Ternyata, artis OKB masih lebih mendominasi. 

    Terlebih sekarang mereka dapat menayangkan kehidupan pribadinya sebagai "jualan" yang mengalirkan rupiah ke kantong pribadinya di chanel youtube, tanpa perlu dikontrak atau mendapat job di stasiun televisi atau tayangan off air. 

    Sejurus dengan kehidupan artis Indonesia yang tengil gaya OKB pun ada yang tetap gaya jelata meski tajir, maka Sinetron Orang Miskin Baru (OMB) RCTI dan Pura-pura Kaya (PPK) SCTV pun tayang seolah hadir bukan saja untuk memberikan edukasi pesan moral kepada masyarakat tentang kehidupan miskin dan kaya, namun sejatinya dapat menohok pada para pribadi artis yang sok kaya dan pura-pura dan bergaya kaya atau suka sekali pamer kekayaan. 

    Khusus untuk sinetron OMB di RCTI besutan Sutradara IIP S. Hanan ini, yang tayang perdana 13 Maret 2020 setiap pukul 17.00 (Senin-Minggu), sejatinya dapat menjadikan masyarakat umumnya dan para artis khususnya, menyadari bahwa hidup bagai roda berputar. 

    Ada saatnya di bawah, ada saatnya di atas, begitu berputar seterusnya. Maka, edukasi dan pesan moral dalam OMB yang tayang bersamaan dengan kehadiran wabah corona, minimal dapat dijadikan pembelajaran dan mawas diri, kita semua, sebab kisah yang diangkat adalah kehidupan nyata yang bisa terjadi pada siapa saja. 

    Marilah tetap menjadi manusia yang rendah hati, mawas diri, tahu diri, melihat situasi dan kondisi. Lebih dari itu, jadilah insan yang cerdas emosi dan kaya hati. Hidup tidak bisa sendiri, butuh simpati dan empati, dan dapat menempatkan diri di waktu dan saat yang tepat, karena semua rakyat  kini sedang berperang melawan corona, dan khususnya masyarakat yang usahanya sektor informal, terus berjuang untuk tetap dapat makan hari ini. 


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.