3 Usaha Sosial Menangkan Rp 50 Juta Program YCSE Academy 2.0 - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Tiga pemenang program Young Changemakers Social Enterprise (YCSE) Academy 2.0.

Rosa Cindy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 November 2019

Senin, 23 Maret 2020 17:22 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • 3 Usaha Sosial Menangkan Rp 50 Juta Program YCSE Academy 2.0

    Dibaca : 227 kali

    Program Young Changemakers Social Enterprise (YCSE) Academy 2.0, sebuah program peningkatan kapasitas pelaku usaha sosial, mengumumkan tiga nama yang keluar sebagai tim terbaik dalam program ini. Penilaian dilakukan oleh sejumlah juri, yaitu Erika Dianasari Go (Partner at Alpha JWC Ventures), Annisa Hasanah (CEO Ecofun Indonesia ‘Ecofunopoly’ - US Embassy YSEALI Program Alumni), dan Rosalina Ramadhanni (Cultural Affairs Specialist - @america United States Embassy Jakarta), berdasarkan presentasi tim dalam kegiatan Presentation Day.

    Kampung Marketer raih juara 1 dalam program YCSE Academy.

    Nama Kampung Marketer keluar sebagai pemenang utama program YCSE Academy 2.0 ini. Kampung Marketer berhasil menjadi pemenang setelah mengungguli sembilan tim lain yang terpilih sebagai finalis program ini dengan inovasi mereka dalam mengurangi pengangguran, laju urbanisasi, dan menciptakan entrepreneur muda di desa. Kemenangan ini membuat mereka mendapatkan hadiah sebesar 25 juta rupiah.

    “Pemenangnya dinilai berdasarkan performa tim, dan ketiga tim ini sebenarnya memiliki tingkat solidaritas yang sama kuat. Kejelasan konsep bisnis, dan tingkat impact yang dihasilkan. Beberapa tim memiliki impact yang lebih kuat. Terakhir, adalah konektivitas permasalahan yang ada dengan solusi. Jadi pemenangnya ini bisa mengindikasikan permasalahan dan memberikan solusi yang tepat,” kata Rosalina Ramadhanni, salah satu juri.

    “Semakin besar kan nambah juga tantangannya. Nah itu yang jadi tantangan kami, untuk harus jaga kualitas meski dengan bertambahnya SDM. Di YCSE ini kami belajar banyak, terutama tentang team building, dan karena saya sebagai evaluator kan di Kampung Marketer, saya suka juga tentang improving outcome measurement. Dari situ kami belajar mengevaluasi kegiatan supaya selalu selaras dengan tujuan utama, termasuk membangun tim supaya kulturnya tetap baik dan selaras dengan tujuan utama,” tutur Umu Khoirunnisa dari Kampung Marketer.

    Nichoa Chocolate raih juara 2 dalam program YCSE Academy.

    Tim yang menjadi pemenang kedua program ini adalah Nichoa Chocolate. Nichoa Chocolate berinovasi memproduksi cemilan cokelat yang sehat. Sumber cokelatnya didapatkan dari Kelompok Wanita Tani di Magelang, sehingga turut memberikan dukungan pada perempuan. Sebagai pemenang kedua, Nichoa Chocolate mendapatkan hadiah sebesar 15 juta rupiah.

    Mooi Papua raih juara 3 dalam program YCSE Academy.

    Pemenang ketiga dalam program ini adalah Mooi Papua yang membuat produk kesehatan kulit dan tubuh. Produk tersebut dibuat menggunakan bahan alami tanah Papua dan dibuat oleh mama-mama Papua. Mooi Papua mendapatkan hadiah sebesar 10 juta rupiah.

    Pemilihan pemenang ini juga menjadi salah satu hal yang berbeda dari penyelenggaraan program YCSE Academy sebelumnya. Harapannya, peserta dapat lebih termotivasi untuk mempersiapkan usaha sosial mereka dengan baik, agar siap berdampak positif secara berkelanjutan. Ketiga tim ini juga telah melewati sejumlah rangkaian panjang, seperti coaching class, seleksi, bootcamp, dan presentasi, yang mengungguli lebih dari 200 tim lainnya sebelum akhirnya keluar sebagai 10 besar program YCSE Academy 2.0.

    Program Young Changemakers Social Enterprise Academy 2.0 sendiri merupakan penyelenggaraan kedua, setelah pertama kali sukses digelar pada sepanjang 2019, dan bertujuan mendorong dan membimbing anak muda Indonesia untuk memulai usaha sosial mereka. Sesuai dengan tujuan tersebut, para panelis mengajak masyarakat untuk dapat mendukung gerakan anak muda pelaku usaha sosial dengan bergabung dalam komunitas #BeSociopreneur di www.campaign.com/besociopreneur dan mengikuti kegiatan YCSE Academy 2.0 berikutnya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.