x

Sumber: Rijki Budiman

Iklan

Maz Atca Berliando

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 April 2020

Rabu, 8 April 2020 05:51 WIB

Sosok Rijki Budiman, Anak Muda Sukses di Bidang Kreator, Bisnis, dan Trading Saham

Potret Sosok Rijki Budiman

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Industri digital semakin hari semakin pesat. Namun, seiring dengan waktu kita harus bisa mengikuti alur agar tidak ketinggalan zaman. Kita juga harus bisa memperoleh manfaat. Sekaligus, menerapkannya dikehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, semakin banyak lahir generasi pemuda-pemudi kreatif bangsa Indonesia. Sebagian dari mereka sukses dari usaha rintisan (Startup).

Data menyebutkan, pertumbuhan industri ekonomi digital di Indonesia meningkat signifikan dan mencapai 40% setiap tahunnya. Diprediksi hingga 2025 pertumbuhannya berpotensi mencapai USD 130 miliar atau setara dengan Rp. 1.820 triliun (Kurs Rp. 14.000).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai ekonomi digital di Indonesia mencapai USD 40 miliar atau setara Rp. 560 triliun pada 2019. Tentunya, ini merupakan pencapaian luar biasa untuk Indonesia dalam sektor ekonomi digital, termasuk di dalamnya kontribusi dari industri e-commerce.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rijki Budiman adalah salah satu contoh pemuda yang cukup sukses memanfaatkan tren geliat industri digital ini. Di usia belianya 21 tahun ini, Rijki mengibarkan bendera bisnis startup lewat @OkeSayur sektor agrobisnis, yang menjabat sebagai Media Spesialist, @traveliki sektor pariwisata, menjabat sebagai CEO pada 2017. Dan @fotoyaki sektor photography menjabat sebagai owner, sekaligus portofolio hasil karya dibidang videography dan photography.

Jaringan dunia bisnis pria kelahiran Batam tahun 1998 ini meluas hingga melibatkan para YouTuber dan artis papan atas seperti Atta Halilintar, Arif Muhammad (Mak Beti), Ria Ricis, Yusi Fadilla, Syahril Ramadhan, dan lain-lain.

Sampai saat ini akun Instagramnya @rijkibudiman memiliki 10 ribu pengikut (followers) dan juga mengelola akun YouTube yang bernama Rijki Budiman dengan 1,200 pelanggan (subscriber).

Sedikit cerita saat proses monetasi YouTube, Rijki langsung dimonetasi oleh pihak YouTube hanya memerlukan waktu 2 jam saja, yang kebanyakan orang alami biasanya bisa menunggu berbulan-bulan hingga bertahun- tahun! Wow banget Rijki Budiman ini kan?

Menurut Riji, mungkin pihak YouTube menilai konten Rijki mempunyai algoritma yang unik yang dapat menjadi seseorang YouTuber terkenal kali ya haha, jadi semua prosesnya di permudah sama YouTube! HAHAHAHA SOTOY!

Pria yang akrab dipanggil Rijki ini juga memperoleh segudang prestasi dari berbagai bidang. Selain bisnis startup OkeSayur dan Traveliki, Rijki Juga menggeluti seni bidang bela diri karate, seni dalam cahaya photography & seni gabungan unsur audio visual videography yang semua karya nya di akun tersendiri yaitu @fotoyaki.  

Rijki juga aktif sebagai konten kreator Batam di YouTube. Dengan YouTube Rijki Budiman kontenya berisi video vlog, edukasi, dan hiburan. Sedangkan pada Instagramnya @rijkibudiman hobi membuat video hiburan yang unik yang membuat perut netizen menggelitik.

Sebelumnya, Rijki Budiman pernah menjadi Duta Suporter Asian Games 2018 loh. Banyak prestasi yang Rijki peroleh dari berbagai bidang. Bidang photography; memperoleh Juara 1 Photography manduafest se-Provinsi Kepulauan Riau, Best Photo Asian indovision, Best Photo Human Interest Se Kota Batam dan masih banyak lagi.

Untuk prestasi Bela diri, Rijki merupakan atlit karate sekaligus pelatih di perguruan Institut Karate Do-Indonesia Kota Batam. Prestasinya juara 1 kumite dan juara 2 kata pada ajang O2SN tingkat kota Batam, Juara 2 Kumite Se-Kepri. Rijki fokus sebagai petarung (Kumite) dalam bidang karate dengan kelas tanding-60 kg. Rijki menargetkan di tahun 2020 ini agar bisa memperoleh prestasi lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Rijki berharap agar virus corona segera cepat berakhir dan dunia membaik seperti sedia kala. Ingin rasanya semua bisa beraktifitas seperti biasa agar Rijki bisa terus mengembangkan bakatnya di berbagai kejuaraan tingkat nasional, Asia dan dunia. Amin.

Wah banyak bukan? Tidak tanggung-tanggung juga Rijki sangat aktif berorganisasi, loyal dan sangat banyak relasi karena tipe orangnya suka eksplor. Organisasinya antara lain: Batam Art Photoraphy , English Club, Investor Saham Pemula, MMTC TV (Kampus). Rijki pernah di undang di acara Enchelon Summit 2018 di Singapura. Ini merupakan ajang pertemuan CEO startup se-dunia. 

Dan juga Rijki adalah trader muda yang ada di Indonesia, loh, perhari nya bisa mendapatkan keuntungan 50rb-500rb rupiah. Rijki sangat menyukai hal ini karena kita tidak harus berkerja menggunakan tenaga melainkan harus bisa juga menggunakan kreatifitas daya pikir.

Wah generasi milineal sekali ya saudara Rijki ini.

Rijki Budiman Memiliki bakat di bidang entertainment dan bisnis. Anak muda yang berstatus masih kuliah di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta ini, rajin sekali mengikuti kegiatan kepimpinan. Seperti bulan oktober 2019 lalu, Rijki mengikuti kegiatan festival pemuda di Semarang yang membawa nama delegasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta padahal Rijki asli Batam, Keren bukan? Kegiatan festival pemuda tersebut adalah perwakilan mahasiswa terbaik  dari sabang hingga marauke untuk membahas permasalahan Indonesia. Menyelesaikannya secara bersama-sama dan memperkuat tali silahtuhrami antar mahasiswa setiap provinsi!

Dalam menjalankan bisnisnya, Rijki memiliki segudang pengalaman dan tantangan yang dapat diceritakan untuk diambil sisi baiknya. Dan juga menjadikan kita semua agar berhati hati memilih teman. Diantaranya pernah ditipu partner kerja pada Juli 2018.

Di bisnis @traveliki, Rijki memiliki partner kerja khusus untuk mengelolah bagian keuangan, Namun nasi sudah menjadi bubur, partner bisnisnya yang Rijki percaya ini ternyata kabur dan menghilang.

Ternyata partner kerjanya tersebut memiliki keadaan kepepet dalam keuangan untuk membiayai pengobatan ibunya dan segan untuk berbicara kepada Rijki mengenai ini. "Namun semua dapat diselesaikan secara kekeluargaan baik-baik, karena uang tidaklah penting melainkan sebuah pertemanan," ujar Rijki.

Dari kejadian ini, Rijki memperoleh pelajaran sangat berharga untuk selalu lebih berhati-hati dalam memilih rekan bisnis dan jangan mempercaya 100% karena kita tidak tau seseorang baik hari ini dan besok bagaimana.

Dari tiga bisnis yang dikelolanya dan juga aksi trading jual beli sahamnya. Rijki mengaku bisa meraih omset hingga 20 juta rupiah perbulan dengan didukung 2 partnernya.

"Saya berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri digital di negara tercinta saya yaitu Indonesia, sekaligus mendorong anak-anak muda milenial untuk tetap produktif membuat karya yang unik dan menorehkan prestasi positif untuk mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia di kancah dunia." ujar Rijki.

Terima kasih.

Ikuti tulisan menarik Maz Atca Berliando lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu