x

Sekelompok warga melintasi Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, memakai masker antisipasi wabah virus corona. Tempo/Hilman Fathurrahman W

Iklan

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 8 April 2020 12:51 WIB

Sejumlah Alasan Tak Perlu Panik Menghadapi Wabah Covid-19

Michael Levitt, ahli biofisika internasional dan pemenang Nobel 2013 memprediksi akan ada peredaan wabah corona dalam waktu tak terlalu lama. Levitt memiliki akurasi tinggi ketika memprediksi kasus covid yang terjadi di Wuhan, China. Wabah ini tidak mungkin akan terjadi berbulan-bulan, terlebih sampai memakan jutaan korban. "Jangan panik, kita akan baik-baik saja,” kata dia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 
Contoh negara yang mengampanyekan penggunaan masker penutup wajah dengan sempurna adalah Republik Cekoslowakia. Pemerintah, akademisi dan seluruh masyarakatnya meluaskan pemakaian masker. Kelangkaan masker mereka tangani dengan jalan membuat masker homemade. Rumah atau bekas pabrik dan tempat produksi lain yang memungkinkan untuk menjahit dan membuat masker mereka manfaatkan. Masker dibagi-bagikan secara gratis kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan. Covid berhenti berpetualang. Cokoslowakia aman. 
 
New York pusat kota di Amerika, Jakarta pusat kota di Indonesia. DKI Jakarta merupakan wilayah episentrum, yang jika penanganannya berhasil bisa menjadi indikator keberhasilan Indonesia. Berkaca kepada Wuhan, di Jakarta penyebaran cepat covid ditahan. 
 
Isolasi pribadi, social distancing terus digalakkan. Yang positif segera diisolasikan. Sebagian besar diisolasi pribadi, sebagian kecil dirumahsakitkan. 
 
Akibat isolasi dan sosial distancing, antara lain berupa work from home (WFH), dipastikan menimbulkan masalah ekonomi terutama di kalangan masayarakat yang memiliki status ekonomi rentan. Supaya tidak terjadi ketidaktertiban sosial Gubernur DKI Jakarta merencanakan segera melakukan perlindungan sosial. Membantu perekonomian masyarakat sesuai dengan data yang ada.
 
Selanjutnya segera akan dilakukan massive testing, tes besar-besaran berkapabilitas ribuan orang dalam sehari. Tes yang segera bisa memilah mana yang harus diisolasi pribadi, isolasi khusus dan solasi rumah sakit. Social distancing bisa diberlakukan secara rasional. Sesuai Levitt upaya ini pasti menutup pandemi covid segera padam.  
 
Jangan panik, mari kita berjuang bersama-sama. Jakarta menang, Indonesia menang. Pandemi Covid-19 bisa diredam!
 
 

Ikuti tulisan menarik Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB