x

Lokomotif Uap Hanomag C2902_depo perhutani

Iklan

Bin Nico Tahir

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 April 2020

Jumat, 17 April 2020 10:06 WIB

Setelah 35 Tahun "Bersembunyi", Lokomotif Uap Hanomag C2902 pun Muncul

Sejarah Lokomotif Uap Hanomag C2902 Cepu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Modjokerto Stoomtram Maatschappij,Lokomotif Uap Hanomag C2902

Pada akhir Desember 2019 di kota Cepu Jawa Tengah, dimulai proses peletakan sebuah warisan sejarah kolonial Hindia Belanda yang juga sejarah kereta api di Indonesia pada suatu taman kota. Di Taman Seribu Lampu Cepu, diletakan satu sosok berukuran cukup besar berupa Lokomotif Uap Kuno milik Perhutani KPH Cepu.

 

Loko Uap

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berasal dari pabrik pembuat kendaraan industri, militer ,mobil dan lokomotif yang berdomisili di Hanover Jerman bernama Hannoversche Maschinenbau Actien-Gesellschaft atau biasa disingkat menjadi Hanomag saja. Lokomotif Uap tersebut adalah Tipe 0-6-0T C29 yang didatangkan ke Hindia Belanda, oleh Perusahaan Swasta Kereta Api bernama  Modjokerto Stoomtram Maatschappij N.V, ( MSM ) yang mendapatkan konsesi pada Desember 1895 untuk daerah operasi sekitar Mojokerto dari pemerintah Hindia Belanda, dan mulai aktif beroperasi pada 1896.

Konsesi yang didapat adalah pelayanan kereta api untuk pabrik gula sekitar Mojokerto dan pelayanan Tram dalam kota Mojokerto. Dalam 3 tahun, pada September 1899, MSM berhasil membangun sekitar 78 Km jalur rel disekitar Mojokerto.

MSM mendatangkan 16 buah Lokomotif dimulai pada 1898 dan terakhir pada 1926 yang berasal dari 3 pabrik berbeda, yaitu Backer & Rueb Belanda, Krauss Jerman dan Hanomag Jerman.

Khusus untuk Lokomotif Uap yang dipajang pada taman (Tipe 0-6-0T C2902), didatangkan ke Hindia Belanda bersama satu unit lainnya ( C2901 ) di tahun 1922 dan merupakan urutan ke 13 dan 14 dari seluruh pengadaan Lokomotif Uap MSM.

Lokomotif Uap C2902 ini cukup unik, karena hampir semua Lokomotif Uap dan Gerbong warisan jaman Kolonial Hindia Belanda akhirnya menjadi warisan dan asset dari Djawatan Kereta Api (nama PT KAI tahun 1950), gambar2nya cukup dikenal oleh pencinta kereta api. Berbeda dengan yang lainnya lokomotif Uap C2902 ini malah “bersembunyi“  di depo loko milik Perhutani KPH Cepu.

Loko Uap

Loko Uap

Mungkin karena dalam kondisi bersembunyi, gambar dari C2902 baru muncul diakhir tahun 1990-an dikalangan para pencinta sejarah kereta api dan mulai dikenal. Sebagai contoh dilaman Searail malayanrailways.com, yang membahas sejarah kereta api di Indonesia, hanya menghasilkan 2 gambar yang diambil pada 1987. Sementara untuk tipe lainnya cukup banyak dalam laman tersebut. Pada laman Internationalsteam.co.uk, terdapat satu gambar C2902 bertahun 1984.

Bila dihitung dari gambar pada tahun 1984, hampir 35 tahun bersembunyi didalam Depo Loko Perhutani. Akhirnya satu keping sejarah kereta api di Indonesia dapat dinikmati oleh kita semua.

Ikuti tulisan menarik Bin Nico Tahir lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB