x

Iklan

Muhammad Nur Ardi Handayat

Blogger Keren Handayat.com
Bergabung Sejak: 23 Maret 2020

Sabtu, 18 April 2020 07:55 WIB

Ini Keuntungan yang Kamu Daptkan Menjadi Seorang Relawan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terdapat banyak keuntungan yang dapat kamu miliki dengan jadi sukarelawan sosial ataupun volunteer. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bergabung menjadi seorang relawan, sebelumnya baca dulu mengenai UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University!

1. Menghubungkan diri dengan orang lain

Jadi sukarelawan sosial ataupun volunteer menolong kamu tersambung dengan orang-orang di komunitas tersebut dan warga yang jadi target. Dengan mendedikasikan waktu bagaikan sukarelawan sosial, kamu bisa memperoleh sahabat baru, meningkatkan keahlian sosial, serta memperluas jaringan.

2. Menggerogoti rasa takut, amarah, serta stres

Dengan jadi sukarelawan, kamu bisa melaksanakan kontak sosial dengan menolong serta bekerja buat orang lain. Misalnya, menolong membetulkan keadaan psikologis, meredakan tekanan pikiran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak cuma itu, apabila kamu memilih jadi sukarelawan sosial yang bergerak dalam proteksi hewan, bisa membuat atmosfer hati lebih baik. Karena, sudah banyak riset yang menunjukkan adanya dampak psikologis positif saat menjaga hewan, serta meningkatkan mood.

3. Membuat Kamu lebih bahagia

Para ahli sudah merumuskan, menolong orang lain berakibat positif terhadap kegembiraan hati. 

4. Membetulkan mutu kesehatan fisik

Bermacam riset sudah menunjukkan kalau orang yang jadi sukarelawan sosial mempunyai resiko kematian lebih kecil dibanding yang tidak. Misalnya, orang lanjut usia yang jadi sukarelawan sosial cenderung bergerak lebih kerap, lebih gampang buat mengerjakan tugas tiap hari, serta merendahkan resiko tekanan darah besar.

Berita gembira yang lain, jadi sukarelawan sosial merendahkan resiko penyakit jantung dan menggerogoti indikasi perih kronis.

5. Tingkatkan rasa percaya diri

Menolong orang yang memerlukan bisa menimbulkan sensasi pencapaian atas sesuatu. Hal itu bisa meningkatkan meningkatkan keyakinan diri.

6. Membagikan keahlian teknis

Sebagian yayasan memanglah tidak membagikan rupiah buat kamu. Walaupun begitu, bukan berarti yang kamu lakukan bukan tanpa timbal balik. Misalnya, bila Kamu bergabung dalam divisi dokumentasi suatu yayasan non- profit, keahlian fotografi Kamu pasti lebih terasah.

Contoh lain, keahlian dalam berdialog (public speaking) serta marketingmu bisa bertambah, dengan bergabung ke dalam divisi advokasi. Seluruh keahlian teknis itu bisa ‘ menjual’ buat CV dikala melamar pekerjaan. Buat kamu yang penasaran mungkin bisa juga bergabung dengan relawan dari Kopi Jujur yang membantu memberikan kopi gratis kepada tenaga medis

 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Nur Ardi Handayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler