x

Ilustrasi Belanja Online (Foto: Gaya Tempo)

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 27 April 2020 14:46 WIB

5 Tip Bijak Belanja Online Saat Ramadan di Tengah Covid-19

Ada kebiasaan unik jelang berbuka puasa dari masyarakat Indonesia, yakni mengunjungi e-commerce. Tak heran pada saat jelang berbuka ini sejumlah e-commerce menawarkan promo menarik atau bagi-bagi voucer belanja. Pun saat jelang sahur, sejumlah e-commerce juga menawarkan promo-promo menarik. Meski tergiur dengan semua promo, tetaplah hati-hati dalam berbelanja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan Ramadan 2020 ini memiliki makna dan cerita tersendiri. Ramadan harus dijalani di tengah wabah Covid-19. Corona memaksa umat Islam menjalani hidup di tengah pembatasan setelah diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah tempat.

Kegiatan belajar, bekerja dan beribadah pun dilakukan dari rumah. Sebagai dampak dari pembatasan ini, masyarakat pun lebih banyak tinggal di rumah. Aktivitas lainnya pun banyak yang lantas dibatasi.

Kalau sebelum ada Corona, masyarakat leluasa untuk tarawih, sholat bersama, ngabuburit dan banyak kegiatan lain di luar rumah, saat ini banyak kegiatan wajib dilakukan di dalam rumah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pun dalam kegiatan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan selama jalanin Ramadan, kini tak dapat dipungkri lebih banyak dilakukan secara online. Nah, biar bisa belanja online dengan tenang, ada baiknya menerapkan 5 tips berikt ini:

1. Manfaatkan Diskon Jelang Jam Buka Puasa atau Sahur

Ada kebiasaan unik jelang berbuka puasa dari masyarakat Indonesia, yakni mengunjungi e-commerce. Tak heran pada saat jelang berbuka ini sejumlah e-commerce menawarkan promo menarik atau bagi-bagi voucer belanja. Pun saat jelang sahur, sejumlah e-commerce juga menawarkan promo-promo menarik.

Memanfaatkan waktu-waktu khusus untuk belanja online jelang jam berbuka puasa dan sahur ini tentu akan bermanfaat dan baik untuk keuangan, apalagi untuk barang yang diinginkan dengan diskon yang menarik.

2. Jangan Terkecoh Diskon

Perang diskon jelas marak saat Ramadan ini. Semua serba menggiurkan. Namun wajib diperhatikan apakah diskon dan promo yang ditawarkan itu riil. Tidak jarang diskon yang ditawarkan hanya rekayasa, yakni dengan menaikkan harganya terlebih dahulu dan diberi diskon fantastis dan harga akhirnya sebenarnya tidak jauh beda dengan harga sebelum ada program diskon. Nah, biar tidak terkecoh dengan diskon, ada baiknya meng-compare harga yang tertera dengan e-commerce lainnya.

3. Ulasan Produk

Produk yang bagus biasanya disertai dengan banyak ulasan baik, beda halnya dengan produk yang buruk dan tidak sesuai dengan spesifikasi akan banyak diulas secara negatif. Kendati tertarik dengan diskon yang ditawarkan, ada baiknya memperhatikan ulasannya agar tidak kecewa di belakang. Ulasan yang tersedia biasanya lebih riil karena tidak sedikit yang berasal dari pengalaman langsung.

4. Metode Pembayaran Gratis

Salah satu cara supaya pembayaran tidak membebani yakni dengan memilih metode pembayaran gratis, semisal melalui aplikasi IPOTPAY yang menawarkan pembayaran e-commerce gratis. Di dalamnya ada juga fitur transfer gratis ke semua rekening, tanpa limit dan real-time. Alhasil pembelian di e-commerce apa pun tak terbebani biaya pembayaran.

5. Promo Gratis Ongkir

Promo gratis ongkos kirim (ongkir) bisa dipilih untuk meringankan beban keuangan. Fasilitas gratis ongkir bikin irit. Namun, penting dicermati ulasan fasilitas gratis ongkirnya menyenangkan dan memuaskan atau tidak. Jika banyak ulasan fasilitas ongkirnya, lebih baik ganti yang lain.

Di saat banyak hal dijalani di rumah. Belanja online pun menjadi nyaman dan lebih irit dengan menerapkan tip-tips berbelanja online di atas.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB