x

Iklan

nur sholeh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Februari 2020

Kamis, 30 April 2020 06:05 WIB

Ruang Keluarga dengan Penataan yang Simpel

Bagi Anda yang bingung bagaimana menata ruang keluarga dengan penataan yang simpel, berikut adalah panduan sederhana untuk mengatur furnitur dan mendekorasi ruang keluarga Anda menjadi mudah dan menyenangkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika hendak  mendekorasi ruang keluarga, ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti estetika, gaya hidup, anggaran, dan banyak lagi. Tetapi cara terbaik untuk memulai adalah dengan tata letak furnitur. Ruang keluarga dengan penataan yang simpel menentukan penataan sofa, kursi, meja, lemari penyimpanan, dan apa pun yang terlibat dalam denah lantai ruangan (barang apa pun yang menyentuh lantai).

Bagi Anda yang bingung bagaimana menata ruang keluarga dengan penataan yang simpel, berikut adalah panduan sederhana untuk mengatur furnitur dan mendekorasi ruang keluarga Anda menjadi mudah dan menyenangkan.

Tips Mengatur  Ruang Keluarga Dengan Penataan yang Simpel

1. Ukur Ruang Keluarga Dari Dinding ke Dinding, Perhatikan Panjang dan Lebar Ruangan

Pertama, gambarkan sebuah kotak, perhatikan pengukuran di semua sisi. Baik Anda membuatnya di program komputer atau menggambarnya di kertas grafik, membuat denah lantai berguna untuk perencanaan ruang. Anda bisa mengubah luas cm pada skala 1:1.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemudian ukur setiap perabotan yang Anda putuskan untuk dimasukkan dan buat kotak berukuran unik yang terpisah untuk setiap bagian. Jika menggambar dengan tangan, buat guntingan furnitur kertas untuk skala sehingga Anda dapat bermain dengan pengaturan furnitur yang berbeda.

2. Tentukan Titik Fokus

Memutuskan titik fokus akan sangat membantu dalam perencanaan ruang keluarga seperti TV, lampu, karya seni, dan lain-lain. Setelah itu tentukan pengaturan furnitur dapat jatuh ke tempat di sekitarnya. Jika ruang keluarga memasukkan televisi, perhatikan bahwa jarak menonton untuk TV standar adalah antara 3-4 meter maksimum, dan sudut pandang tidak lebih dari 30 derajat.

Jadi tip mengatur ruang keluarga dengan penataan yang simpel adalah dengan menatas sofa utama menghadap dinding. Kursi tambahan dapat mengapit sisi dinding televisi juga, melengkapi area tempat duduk sambil menambahkan keseimbangan visual.

3. Atur Meja, Lemari Penyimpanan, dan Sandaran.

Setelah area tempat duduk telah diatur, tempatkan meja dan lemari penyimpanan. Di ruang keluarga, meja dapat ditempatkan di tengah sofa dan kursi. Tips mengatur ruang keluarga dengan penataan yang simpel adalah memungkinkan ukuran antara meja dan sofa adalah sekitar 30 cm sehingga minuman dan remote tv dapat dijangkau.

Meja sofa adalah meja panjang dan sempit yang berada di belakang sofa, menempel di punggungnya. Meja samping diletakkan di sebelah kursi dan di kedua sisi sofa. Pastikan untuk memberi jarak sekitar 45 cm untuk furnitur di tempat-tempat yang orang harus lewati. Untuk ruang keluarga dengan ukuran kecil, pertimbangkan untuk membuat sebuah rak gantung yang dapat membesar saat digunakan dan melipat ketika tidak diperlukan. Lemari penyimpanan dan rak bisa diletakkan di dinding, di mana pun ruang memungkinkan.

4. Tengahkan karpet area Anda.

Elemen selanjutnya dari tata ruang furnitur ruang keluarga yang paling mudah adalah menata karpet. Karpet harus dipusatkan di tengah pengaturan tempat duduk utama dan panjangnya beberapa cm di luar sofa dan kursi atau bahkan lebih jauh untuk menjangkarkan seluruh ruangan.

Jika ruangan sudah berkarpet, tambahkan karpet dengan bahan yang lebih tebal di atasnya. Karpet yang lebih tebal adalah cara yang bagus untuk menambah kehangatan dan membuat anggota keluarga yang berkumpul bisa bersantai.

5. Bagi Ruang Tamu dengan Beberapa Zona

Di sebuah ruangan kecil, Anda mungkin hanya memiliki ruang untuk satu area percakapan dan tidak ada ruang tambahan untuk menambahkan banyak furnitur. Ruang keluarga dapat berfungsi lebih dari sekadar ruang berkumpul bersama keluarga, tetapi juga bagaimana caranya mengatur ruang keluarga dengan penataan yang simpel sehingga nyaman digunakan.

Anda mungkin harus berkreasi dengan cara terbaik memanfaatkan ukuran atau bentuk ruangan yang Anda miliki. Identifikasi beberapa area fungsional yang mungkin ada di dalam ruangan, seperti zona untuk menonton TV bersama, zona media, area untuk meja tulis, meja permainan atau mungkin area membaca.

6. Atur Ruang Secara Visual

Untuk mengatur ruang keluarga dengan penataan yang simpel, Anda dapat menambahkan balok langit-langit atau pilar untuk membagi ruangan secara visual dengan cara semi-permanen.

Atau untuk fleksibilitas Anda mungkin dapat menggunakan karpet, gorden, wallpaper dan penempatan furnitur untuk membantu menciptakan ruang keluarga yang nyaman secara visual. Bahkan sofa tirai atau tanaman juga dapat membantu membagi ruang keluarga dan ruang tamu agar terpisah.

7. Tambahkan Pencahayaan Kreatif

Tidak peduli berapa ukuran ruangan yang Anda miliki, pencahayaan dapat membuat perbedaan bagaimana ruangan itu terasa. Jika Anda memiliki ruangan, maka sering ada lebih banyak jendela, jadi pada siang hari pencahayaan yang ada tidak terlalu memprihatinkan.

Tapi bayangan dan sudut gelap bisa membuat semua orang merasa tidak nyaman di malam hari. Jika Anda hanya memiliki satu lampu langit-langit tengah, Anda mungkin harus menambahkan lebih banyak cahaya dengan lampu.

Sebuah ruang keluarga dapat terlihat jelek jika Anda memiliki terlalu banyak lampu, jadi pilih dua atau tiga lampu skala lebih besar dengan warna yang sama dan kemudian campur dengan lantai logam yang lebih ramping dan lampu dinding untuk menghadirkan pencahayaan di seluruh ruangan.

Kombinasikan dengan lampu kaca juga bisa mencegah kelebihan lampu. Anda dapat memasang di lantai dekat perimeter area percakapan untuk kabel lampu jika tidak nyaman untuk menancapkannya ke dinding.

8. Padukan Warna

Tambahkan wainscoting dengan berbagai warna netral atau warna yang dicat di atas dan di bawah cetakan. Jika Anda memiliki langit-langit yang tinggi, Anda mungkin perlu mencoba trik sederhana untuk membuat ruang tamu Anda nyaman.

Jika Anda mengecat langit-langit satu atau dua atau bahkan beberapa warna lebih gelap dari dinding Anda, maka langit-langit Anda tidak akan tampak setinggi dari ruang keluarga Anda dan mungkin terasa lebih pas dan nyaman.

Apabila Anda ingin lebih mudah mengatur ruang keluarga dengan penataan yang simpel, percayakan saja kepada DekoRuang. Anda bisa berkonsulasi tentang cara mengatur sebuah dekorasi ruangan yang menarik.

Ikuti tulisan menarik nur sholeh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu