Indonesiana.id akan Gelar Obrolan Online Refleksi Ketuhanan di Tengah Wabah - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Bertema Refelski Ketuhanan dalam Wabah

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 1 Mei 2020 09:38 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Indonesiana.id akan Gelar Obrolan Online Refleksi Ketuhanan di Tengah Wabah

    Tempo akan menggelar obrolan filsafat yang dikemas secara santai, Jumat, 1 Mei, mulai pukul 16.00. Diskusi yang digelar secara online ini mengusung tema Refleksi Ketuhanan di Tengah Wabah. Tema ini masih terkait dengan pandemi corona yang kini masih melanda ratusan negara di dunia. Dua pembicara yang akan mengupas tema tersebut adalah Tony Doludea (peneliti ahli di Abdurrahman Wahid Center) dan Budhy Munawar-Rachman, dosen STF Driyarkara.

    Dibaca : 2.100 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Indonesiana.id akan menggelar obrolan filsafat yang dikemas secara santai, Jumat, 1 Mei, mulai pukul 16.00 nanti sore. Diskusi yang digelar secara online ini mengusung tema Refleksi Ketuhanan di Tengah Wabah. Tema ini masih terkait dengan pandemi corona yang kini masih melanda ratusan negara di dunia.

    Dua pembicara yang akan mengupas tema tersebut adalah Tony Doludea (peneliti ahli di Abdurrahman Wahid Center) dan Budhy Munawar-Rachman, dosen STF Driyarkara. Mereka akan dipandu oleh Tulus Wijanarko dan Iwan Kurniawan (keduanya redaktur di Tempo).

    Pandemi corona adalah bencana yang mungkin tak pernah terfikir sebelumnya bakal terjadi demikian massif. Sedikit orang memang sudah memprediksi kemungkinan ini, tapi selebihnya tak pernah mengira dan kini semua dirundung ketakutan mencekam.

    Berawal dari kota Wuhan di China dan dalam hitungan pekan sudah menyebar ke seluruh bumi tempat tinggal umat manusia ini. Tercatat ada lebih 3,2 juta orang terpapar virus Covid-19 dan menyebabkan kematian hingga 228 ribu jiwa.

    Di Amerika Serikat jumlah kematian akibat Covid-19 sudah melampaui korban tentara negara itu di perang Vietnam (sekitar 58 ribu orang). Angkanya juga jauh melebihi korban tewas dalam serangan terorisme pada 11 September 2001. Semua kematian itu tentu saja melahirkan penderitaan bagi keluarga yang ditinggalkan.

    Tak hanya itu, bencana ini juga menbarkan ketakutan, kengerian, dan parasaan insecure secara mondial. Dalam kebuntuan akan rasa aman itulah muncul pertanyaan: Apakah kehendak Tuhan atas semua ini?

    Dalam kazanah filsafat dikenal istilah theodosi guna mengupas pertanyaan klasik yang selalu muncul di setiap bencana. Kata yang secara harfiah berarti “keadilan Tuhan” itu seperti mewakili keterbatasan pikiran umat manusia dalam mencerna rahasia kehendak Tuhan dibalik setiap bencana dan penderitaan.

    Semua itu akan dibahas dalam diskusi online yang diselenggarakan bersama Majalah Tempo, Koran Tempo, Tempo.co dan TVT tersebut. Diskusi ini bisa diikuti siapa saja tanpa dipungut bayaran di semua akun media sosial Tempo, yakni Tempodotco (Youtube), Tempoindonesiana dan Tempodotco (Instagram), Tempomedia (Facebook) dan TV Tempo di 813UHF Genflix. 

    Ikuti tulisan menarik Indonesiana lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.