x

ilustr: Edukasi Kompas

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 10 Juni 2020 13:49 WIB

KKM [6] Membangun Budaya Wirausaha Kaum Muda

Tentang Budaya Wirausaha Kaum Muda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menyadari kebutuhan untuk berinvestasi dalam menciptakan dan membangun kewirausahaan kaum muda di negara ini, pemerintah telah memiliki agenda jangka panjang untuk perumusan strategi dan rencana implementasi untuk membangun program pelatihan, membangun kesadaran di antara kaum muda dan keluarga. dan memberdayakan kaum muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengejar kewirausahaan sebagai pilihan karier.

Membangun Kewirausahaan Kaum Muda melalui Pendidikan

Menciptakan dan membangun budaya wirausaha kaum muda di masyarakat membutuhkan dua strategi. Platform pertama dan terpenting untuk membangun kesadaran dan menginisiasi kaum muda ke dalam konsep kewirausahaan kaum muda adalah dengan berinvestasi ke dalam pendidikan kewirausahaan. Ini melibatkan pembuatan dan termasuk studi kewirausahaan dan manajemen di semua tingkat pendidikan. Rencana tindakan di bagian ini termasuk membangun konten dan silabus dan membuatnya tersedia untuk komunitas pengajar, melatih para guru dan konselor untuk menjadi pendidik wirausaha dan menyediakan mereka dengan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu aspek terpenting dari pendidikan perusahaan adalah untuk melibatkan industri dan organisasi bisnis ke dalam program kewirausahaan kaum muda di tingkat perguruan tinggi sehingga dapat memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk mendapatkan pengalaman dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap lingkungan bisnis dan ekonomi.

Mempromosikan Budaya Kewirausahaan Kaum Muda menggunakan Media dan Public Relations

Selain memperkenalkan pendidikan perusahaan, strategi kewirausahaan kaum muda harus mengatasi masalah membangun kewirausahaan dan budaya kewirausahaan di kalangan kaum muda. Menciptakan semangat wirausaha di kalangan kaum muda dapat dilakukan dengan bantuan media dan komunikasi. Mengadakan program kesadaran, kamp orientasi, diskusi kelompok, kampanye khusus, mempromosikan acara kewirausahaan kaum muda di semua platform yang memungkinkan serta melembagakan penghargaan dan kompetisi yang berprestasi adalah beberapa cara efektif untuk membangun budaya kewirausahaan kaum muda.

Pertemuan kaum muda, seminar, konferensi, festival, pekan raya serta menggunakan media cetak dalam bentuk brosur, spanduk, liputan di majalah dan mewawancarai pengusaha sukses dan pemula muda di media dan masih banyak lagi latihan public relations yang pasti akan membangun kesadaran dan antusiasme di kalangan kaum muda serta mengubah persepsi kewirausahaan di keluarga, masyarakat maupun di tingkat individu. Ada juga beberapa game simulasi dan case simulasi berbasis kasus bisnis yang mengundang kaum muda untuk berpartisipasi dalam membuat rencana bisnis, dan lain-lain. Ini tentu saja relevan untuk membina para wirausahawan kaum muda yang sudah tertarik dan mulai memulai usaha mereka sendiri dan sedang mengejar pendidikan manajemen bisnis untuk melengkapi diri mereka sendiri.

Model Peran Pengusaha Sukses-Duta Kewirausahaan Kaum Muda Terbaik

Teori mengatakan bahwa bagian penting dari pembelajaran dalam diri seseorang terjadi melalui model peran. Adalah fakta bahwa setiap kaum muda atau individu tumbuh memiliki satu atau lebih panutan yang mereka coba tiru dalam segala hal. Cukup banyak nilai, pola berpikir, sikap, dan lain-lain. Dimanfaatkan oleh individu berdasarkan kepribadian dan karakter panutan mereka. Oleh karena itu, melibatkan kaum muda dan pengusaha dewasa yang sukses sebagai duta kewirausahaan kaum muda akan menjadi salah satu strategi terbaik untuk memotivasi dan membangun budaya kewirausahaan kaum muda di kalangan kaum muda.

Ketika wirausahawan muda menerima hadiah, kisah suksesnya diketahui semua orang. Melihat seseorang mengambil kewirausahaan dan kemudian menjadi wirausahawan yang sukses, membuat calon lain lebih percaya diri untuk mencoba memulai usaha mereka sendiri. Sukses selalu mendorong orang untuk mengambil risiko dan membantu keluarga dan masyarakat menerima gagasan untuk mendorong kaum muda untuk mengambil usaha wirausaha.

Melibatkan industri dan pengusaha bisnis yang sukses dalam menangani kaum muda, mempromosikan kewirausahaan kaum muda, berinteraksi dengan kaum muda di sekolah, perguruan tinggi serta semua platform lainnya dapat secara efektif dan kolektif membangun lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan dan pengembangan melalui kewirausahaan kaum muda.

***
Solo, Rabu, 10 Juni 2020. 8:11 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler