x

Iklan

Marioline Jeslyn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2020

Kamis, 11 Juni 2020 06:57 WIB

Hewan Endemik Ciri khas yang Ada Di Papua

Kali ini kita akan mengulas mengenai hewan-hewan endemik dari Pulau Papua atau hewan yang hanya bisa dijumpai di pulau papua seperti Burung Cendrawasih Merah, Burung Cendrawasih Mati-Kawat, Kura-Kura Reimani dan Kasuari Gelambir Tunggal

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hai Sahabat…Kali ini kita akan mengulas mengenai hewan-hewan endemik dari Pulau Papua. Nah, berikut hewan-hewan endemik papua:

Hewan Endemik Papua

Burung Cendrawasih Merah

Burung Cendrawasih Merah (Paradisaea Rubra) salah satu tipe burung cendrawasih endemik dari Papua. Burung ini mempunyai bulu berwarna kuning serta coklat, paruhnya berwarna kuning, mempunyai bulu hias berwarna merah darah serta bulu warna putih di bagian ujung bagian perut, mempunyai muka dengan bulu berwarna hijau zambrud, dan mempunyai 2 buah ekor yang panjangnya melewati ekor lain berupa pilin ganda dengan warna hitam. Ukuran jantan pada burung cendrawasih ini seputar 75 cm. Untuk mengenal lebih dekat burung cendrawasih kalian bisa baca disitus CitCuit.ID

Burung Cendrawasih Mati-Kawat

Burung Cendrawasih Mati-Kawat (Seleucidis Melanoleuca) salah satu tipe burung cendrawasih dengan ukuran sedang serta mempunyai panjang seputar 33 cm. Bulu pada jantan dewasa mempunyai warna hitam mengkilat, bulu di bagian perut mempunyai warna kuning dengan 12 kawat dengan warna hitam, mempunyai paruh hitam lancip dan mempunyai irislah mata berwarna merah. Sedang Betinanya mempunyai bulu berwarna cokelat tanpa ada bulu warna kuning dan kawat seperti jantan, ukurannya juga lebih kecil dibandingkan jantan. Cendrawasih ini bisa di dapatkan di rimba dataran rendah papua.

Kura-Kura Reimani

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kura-Kura Reimani (Chelodina Reimanni) ialah tipe kura-kura yang mempunyai kepala seperti ular. kura-kura ini diketemukan di Merauke.

Nuri Sayap Hitam

Nuri Sayap Hitam (Eos Cynogenia) salah satu tipe burung nuri yang mempunyai ukuran sedang dengan panjang skitar 30 cm. Nuri ini ialah hewan endemik dari Papua, di Papua burung ini bisa di dapatkan di pesisisr pulau Biak serta pulau-pulau di seputar teluk cendrawasih.

Kasuari Gelambir Tunggal

Kasuari Gelambir Tunggal atau Kasuari Leher Emas (Casuarius Unappendiculatus) ialah tipe burung kasuari endemik dari utara papua. Burung ini ialah anggota superorder paleognathae, kasuari ini umumnya hidup menyendiri serta akan berpasangan cuma pada musim biak.

Kasuari Kerdil

Kasuari Kerdil (Casuarius Bennetti) badalah jeni burung kasuari paling kecil tetapi tingginya bisa sampai 1 m lebih. Kasuari ini mempunyai sundul berupa segitiga dengan sisi belakang pipih Dan gelambirnya tidak menggangtung. Kasuari tipe ini adalah burung endemik Papua.

Mambruk Victoria

Mambruk Victoria (Goura Victoria) ialah tipe burung dara bermahkota, dengan beberapa ciri bulunya mempunyai warna bulu biru keabuan, jambulnya berupa seperti kipas berwarna putih, bulu dadanya berwarna maroon keunguan, paruhnya berwarna abu-abu, mempunyai kaki dengan warna merah kusam, serta ada garis tebal dengan warna abu-abu pada ujung ekor serta sayapnya.

Hiu Karpet Berbintik

Hiu Karpet Berbintik (Hemyscillium Freycineti) ialah tipe hiu yang mempunyai kulit seperti macan tutul dengan skema heksagonal berwarna coklat. Hiu ini ialah endemik dari Papua, persisnya di Kepulauan Raja Ampat.

Kanguru Pohon Mantel Emas

Kanguru Pohon Mantel Emas (Dendrolagus Pulcherrimus)salah satu tipe kanguru pohon yang terhitung hewan endemik dari papua yakni di rimba pegunungan papua. Kanguru ini mempunyai rambut berwarna coklat muda, kaki, pipi serta lehernya berwarna coklat kekuningan, perut sisi bawahnya berwarna putih kusam, mempunyai 2 garis berwarna keemasan di punggungnya, dan mempunyai ekor yang panjang.Kanguru Pohon Mbaiso

Kanguru Pohon Mbaiso (Dendrolagus Mbaiso) salah satu tipe kanguru pohon yang terhitung hewan endemik Papua.

Labi-labi Moncong Babi

Labi-labi Moncong Babi ialah tipe kura-kura endemik dari Papua, kura-kura ini hidup di sejumlah sungai sisi selatan papua.

Tikus Raksasa Mallomys

Tikus Raksasa Mallomys ialah tipe tikus raksasa yang mempunyai berat seputar 1,4 kg, panjang seputar 55 cm dengan bulu panjang berwarna abu-abu. Tikus ini adalah endemik papua persisnya di rimba hujan pegunungan Foja, Papua Timur.

Ikan Pelangi Merah

Ikan Pelangi Merah ialah tipe ikan air tawar yang disebut ikan endemik dari Danau Sentani Papua.

Udang Selingkuh

Udang selingkuh (Cherax albertisii) ialah tipe udang endemik dari papua persisnya di danau tigi. Diberi nama udang selingkuh sebab udang ini mempunyai capit seperti dalam kepiting.

Tikus Pohon Kecil

Tikus Pohon Kecil(Pogonomys sp.) ialah tipe tikus spesies baru yang diketemukan di pedalaman rimba Papua.

Demikian artikel tentang”15 Hewan Endemik Ciri khas Yang Ada Di Papua“, mudah-mudahan berguna serta janganlah lupa turuti posting kami selanjutnya. Sampai jumpa

Ikuti tulisan menarik Marioline Jeslyn lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB