x

Penyerahan Bibit Sayuran Kepada Ibu-ibu PKK Desa Jajar

Iklan

Rony Dwi Cahyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juni 2020

Jumat, 12 Juni 2020 08:42 WIB

Mahasiswa KKN UM Bagikan Bibit Sayuran kepada Ibu-ibu PKK


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TRENGGALEK - Pembagian bibit sayuran yang ditujukan kepada ibu-ibu anggota PKK adalah salah satu program kerja kelompok KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang yang berada di Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek.

Adapun yang melatar belakangi tercetusnya program kerja ini yaitu dikarenakan peserta KKN Pulang Kampung Desa Jajar Trenggalek melihat adanya kegiatan ibu-ibu PKK yang masih aktif dan produktif, serta tersedianya green house milik PKK yang berada tidak jauh dari lokasi balai desa.

Tujuan utama dari program kerja ini yaitu untuk meningkatkan ketahanan pangan di Desa Jajar, apalagi di situasi pandemi seperti saat ini, serta membantu melengkapi kegiatan-kegiatan produktif yang biasanya telah dilaksanakan oleh ibu-ibu PKK yang ada di Desa Jajar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembagian bibit sayuran ini secara simbolis dilakukan di Balai desa Jajar, dengan diwakili 3 Ibu-ibu PKK dan 5 peserta KKN Desa Jajar. Selanjutnya, perwakilan teman-teman KKN diarahkan dan didampingi ke green house untuk turut serta menata dan memindahkan bibit ke polybag.

Bibit sayuran yang telah disalurkan kepada perwakilan ibu PKK ada tiga macam,yaitu bibit cabai, terong dan tomat. Sebelumnya, green house yang ada di desa jajar juga telah ditanami berbagai macam sayuran dan toga (tumbuhan obat keluarga).

Akan tetapi, di green house ini juga masih terdapat beberapa polybag yang masih kosong dan tidak digunakan. Oleh sebab itu, setelah di lakukannya penyaluran bibit, maka polybag yang kosong tersebut langsung kembali ditanami dengan bibit baru.

Foto Bersama Ibu Yul selaku Koordinator PKK Desa Jajar

Harapan dari peserta KKN Desa Jajar dengan terlaksananya program kerja pembagian bibit sayuran ini adalah agar bibit tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Jajar terutama untuk memenuhi kebutuhan sayuran keluarga dan memperkuat ketahanan pangan desa disituasi pandemi seperti saat ini.

Tanggapan dari perwakilan ibu-ibu PKK setelah penerimaan bibit sayuran tentunya mereka sangat senang dan banyak mengucapan terimakasih kepada seluruh peserta KKN Desa Jajar yang telah memperhatikan dan mau berpartisipasi dalam kegiatan PKK desa. (Sintia Megawati Sukma)

Ikuti tulisan menarik Rony Dwi Cahyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler