x

Luter

Iklan

Ervina Desiviola

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 April 2024

Kamis, 9 Mei 2024 07:47 WIB

Lima Cara Memilih Lembaga Pelatihan Kartu Prakerja yang Tepat dan Rekomendasinya

Ini dia lima cara memilih lembaga pelatihan prakerja yang tepat serta rekomendasi lembaga pelatihan prakerja terpercaya yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program Kartu Prakerja, inisiatif pemerintah Indonesia, memberikan peluang emas bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui akses ke kursus pelatihan berkualitas untuk menghadapi dunia dan teknologi yang terus berubah.

Artikel ini akan mengulas cara memilih lembaga pelatihan prakerja yang tepat serta rekomendasi lembaga pelatihan prakerja terpercaya dan sudah diverifikasi pemerintah yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan.

Sekilas Tentang Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program dana belajar gratis dari pemerintah untuk mendukung Anda yang sedang mengejar karier impian. Program ini juga terbuka bagi calon/pengusaha UMKM yang ingin mengasah ketajaman bisnis.‍

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan Kartu Prakerja, Anda dapat memaksimalkan “beasiswa” pelatihan Prakerja ini dengan mendaftar ke kelas pelatihan dari lembaga kredibel. Pastikan juga kurikulum belajarnya bisa menjawab pertanyaan, “Apakah dengan belajar materi ini, perusahaan impian saya akan menganggapnya serius?”

Peserta Prakerja tahun 2024 akan mendapat total Rp 4,2 juta yang terdiri dari:

  • Biaya pelatihan: Rp3.500.000
  • Insentif dana pasca pelatihan: Rp600.000
  • Insentif survei: Rp100.000

Bagaimana Cara Memilih Lembaga Pelatihan Prakerja yang Tepat?

Mitra Prakerja bertebaran di mana-mana dengan segala fasilitas dan jaminannya. Ketika mencari tempat belajar yang cocok untuk upgrade diri, pertimbangkan hal-hal ini sebelum menjatuhkan pilihan Anda:

  1. Pastikan Kebutuhan Anda

Apa skill yang Anda ingin perdalam untuk mencapai tujuan karier Anda? Digital marketing, coding, public speaking atau lainnya?

Cari lembaga pelatihan yang menyediakan kursus untuk memperdalam skill yang Anda butuhkan.

  1. Pertimbangkan Lembaga Pelatihan yang Menggabungkan Teori & Praktik

Pastikan Anda memilih lembaga pelatihan yang seimbang antara membahas teori dan kesempatan buat praktik langsung. Ini yang akan membuat Anda lebih siap di dunia kerja sesungguhnya.

  1. Cari Tau Metode Pembelajaran yang Sesuai dengan Anda

Beberapa mitra Prakerja memiliki berbagai metode belajar, seperti Live Webinar, Pembelajaran Mandiri, atau Pelatihan Tatap Muka.

  • Live Webinar

Kegiatan belajar mengajar online secara langsung antara peserta dan pengajar. Jenis kelas ini lebih interaktif karena Anda bisa bertanya langsung ke pengajar.

  • Pelatihan Pembelajaran Mandiri

Materi disampaikan online melalui platform LMS (Learning Management System), tanpa interaksi real-time antara peserta dan pengajar.

  • Pelatihan Tatap Muka

Pelatihan yang dilaksanakan secara langsung di satu tempat, memungkinkan interaksi langsung secara face-to-face antara peserta dan pengajar.

Nah, Anda lebih suka metode pembelajaran yang seperti apa? Apakah video interaktif atau diskusi secara langsung?

Pastikan untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai agar belajar menjadi lebih seru!

  1. Pastikan Lembaga Pelatihan Memberikan Output yang Jelas & Sesuai Kebutuhan

Saat memilih kelas pelatihan Prakerja, pastikan lembaga tersebut menawarkan output yang jelas, seperti sertifikat keahlian yang diakui industri.

Sertifikat ini bukan hanya bukti bahwa kamu telah menyelesaikan kursus, tapi juga nilai tambah untuk CV kamu ketika melamar pekerjaan.

  1. Cek Fleksibilitas Akses ke Materi Belajar

Antisipasi kejadian-kejadian tak terduga selama ikut pelatihan Prakerja. Misalnya, jadwal belajar bisa saja bentrok dengan urusan mendadak.

Karena itu, pilih lembaga pelatihan Prakerja yang menawarkan akses ke materi belajar. Anda akan memiliki kebebasan mutlak untuk belajar kapan saja, di mana saja, tanpa ada batasan waktu yang mengikat.

Rekomendasi Lembaga Pelatihan Prakerja

  1. BelajarU

BelajarU menawarkan pelatihan keterampilan digital seperti Sales & Marketing, Data Analytics, dan lain-lain melalui kelas interaktif. Anda juga akan diajari dan dibimbing langsung oleh para pakar industri, serta didampingi oleh fasilitator selama program berlangsung. Materi di kelas BelajarU bisa Anda akses kembali seumur hidup, lho. Gratis!

BelajarU juga akan mempersiapkan Anda ke dunia kerja melalui proyek-proyek untuk membangun portofolio Anda.

Di akhir kursus, Anda akan mendapatkan sertifikat digital dan bisa bergabung dengan BelajarU Community untuk networking bersama penerima Prakerja lainnya di seluruh Indonesia.

  1. Skill Academy

Skill Academy menyediakan berbagai pelatihan yang mencakup teknologi informasi, manajemen bisnis, dan keterampilan kreatif.

Terdapat 3 jenis kelas yang disediakan, yaitu: Live Webinar, Video Belajar Mandiri, serta Kelas Tatap Muka yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kelas Tatap Muka ini hanya dilaksanakan di beberapa cabang, yaitu Jabodetabek, Medan, Surabaya, Semarang, dan Bali.

  1. Rumah Siap Kerja

Rumah Siap Kerja menawarkan kursus yang berfokus pada peningkatan kesiapan kerja pesertanya. Programnya praktis dan lengkap, serta mudah diakses di manapun dan kapanpun.

Rumah Siap Kerja juga menyediakan mentor profesional, alat praktik belajar, dukungan komunitas, hingga sesi konsultasi untuk Anda. Hal ini untuk memberikan kenyamanan belajar sehingga membuat Anda semakin percaya diri untuk memasuki dunia kerja.

Kesimpulan

Meningkatkan skill melalui Kartu Prakerja bukan hanya tentang mengambil kursus apa pun, tetapi tentang memilih kursus terbaik yang sesuai dengan tujuan karir Anda.

Dengan memanfaatkan mitra-mitra Kartu Prakerja, Anda dapat mengakses pelatihan berkualitas tinggi yang dapat membawa perubahan signifikan dalam karir Anda. Jadi, yuk, mulai perjalanan pembelajaran Anda sekarang dan buka pintu ke peluang baru dengan Kartu Prakerja!

Ikuti tulisan menarik Ervina Desiviola lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler