x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 16 Juni 2020 11:50 WIB

Mengintip Suasana Sidang Ujian Seminar Judul dan Proposal Disertasi Online Pascasarjana Unpak

Sidang ujian seminar judul dan proposal disertasi memang tidak mudah. Mengintip suasana sidang judul dan proposal disertasi secara onlie di Prodi S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu tahapan untuk menyelesaikan studi S3-Program Doktor, adalah melakukan sidang ujian seminar judul disertasi atau proposal disertasi. Namun di tengah wabah Covid-19 seperti sekarang, ujian sidang pun bisa dilakukan secara online atau daring. Selain untuk menghindari social distancing, ujian secara online pun menjadi bukti kesiapan kampus dalam menerapkan kecanggihan teknologi komunikasi, khususnya video conference.

Dan yang paling mencerahkan, suasana ujian sidang seminar judul atau proposal disertasi dari para penguji adalah 1) menata kembai kerangka berpikir dalam penelitian agar lebih spesifik, 2) optimalisasi teori-teori yag relevan sebagai pijakan alur pikir penelitian, 3) akurasi metodologi penelitian, seperti unit analisis dan instrumen, dan 4) kepatutan dalam kaidah penulisan disertasi sebagai produk karya ilmiah.

Penuh pencerahan, itulah suasana yang terjadi saat ujian seminar judul disertasi dan proposal disertasi mahasiswa S3 – Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak). Karena melalui ujian sidang judul dan proposal, mahasiswa yang “maju sidang” mendapat banyak masukan dari perspektif penguji untuk penyempurnaan disertasinya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di antara penguji yang hadir sesi hari ini (16/6/2020) antara lain:  1) Prof. Dr. H. Thamrin Abdullah, MM., M.Pd., 2) Prof. Dr .rer.pol. Ir. H. Didik Notosudjono, M.Sc., 3) Dr. Widodo Sunaryo, S.Psi., MBA.,  4) Dr. Herfina. M.Pd., M.Kom., 5) Dr. Martinus Tukiran, M.T., dan 6) Dr. Dian Wulandari, M.Pd. Dan mahasiswa yang tampil mempertanggungjawaban judul dan proposal disertasi adalah 1) Susanto 073117025, 2) Ibnu Hasan 073114005, 3) Nirmala Daulay 073115023, dan 4) Syarifudin Yunus 073118037 dan disaksikan pula oleh para mahasiswa S3 MP Unpak yang ingin mengetahui suasana sidang ujian seminar judul dna poposal.

Lagi-lagi, suasana sidang seminar judul dan proposal disertasi secara onlie di Prodi MP Unpak mampu memberikan pencerahan kepada mahasiswa. Untuk memperbaiki alur pikir dan kontribusi ilmiah melalui karya ilmiah seperti disertasi.

Di balik ini semua, suasana ujian sidang secara online menjadi komitmen S3-Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjaa Unpak yang tetap inten menjalankan tradisi akademik sebagai kampus. Di samping mampu memfasilitasi aktivitas ilmiah mahasiswa yang harus dijalani melalui ujian secara online. Sebagai perguruan tinggi, Pascasarjana Unpak terbukti siap dalam menghadapi wabah Covid-19 dengan memanfaatkan dukungan teknologi yang dimilikinya. Sehingga dengan ujian system online ini, perguruan tinggi pun mampu memutus mata rantai penularan Covid-19.

Saya sendiri sebagai salah satu mahasiswa yang maju dalam ujian sidang seminar judul disertasi online S3 MP Unpak ini sangat tercerahkan. Dengan judul yang disetujui “Peningkatan Tata Kelola Taman Bacaan Melalui Model TBM Edutainment Sebagai Layanan Dasar Pendidikan Nonformal pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Di Kabupaten Bogor” dengan desain  R & D.  Dengan harapan, melalaui disertasi saya ini dapat meningkatkan tata kelola taman bacaan sebagai bagian pendidikan nonformal/masyarakat, baik dari sisi organisasi – pengelola – program – operasionalnya.

Karena yang terjadi saat ini, taman bacaan masyarakat sebagai lembaga pendidikan nonformal, taman bacaan masyarakat seakan “mati suri” dan tidak berkembang selama ini. Misal di Kabupaten Bogor, dari 50-an taman bacaan masyarakat tidak banyak yang bisa berkembang. Karena studi pendahuluan menyebtkan 92% pencapaian tujuannya rendah (tujuan), 61% fasilitas taman bacaan tidak memadai (sarana), dan 88% taman bacaan hanya bisa penuhi sebagian kecil biaya operasional (biaya).

 

Satu hal patut dicatat dan sangat mencerahkan, memang seharusnya sidang ujian seminar judul atau proposal disertasi, termasuk sidang terbuka nantinya berbekal spirit budaya ilmiah seperti yang dinyatakan oleh Collins Dictionary “A problem is a situation that is unsatisfactory and causes difficulties for people – Masalah adalah situasi yang menimbulkan ketidakpuasan dan jadi sebab kesulitan manusia”.

 

Lebih tercerahkan lagi, kesan saya saat mengikuti sidang ujian seminar judul dan proposal disertasi di S3-Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak itu “memang deg-degan tapi bikin saya berasa lebih muda dan semangat lagi”.. #PascaUnpak #S3MPUnpak

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler