x

Pondok pesantren Al-Fatah Temboro. Wikisantri.id

Iklan

muhammad najih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2020

Senin, 22 Juni 2020 17:47 WIB

3 Aplikasi Berbasis Web untuk Memudahkan Pesantren Muncul di Tahun 2020

Pesantren sudah mulai terbantu dengan hadirnya aplikasi yang dapat mempermudah pengelolaan pesantren dari mulai pendaftaran, pembayaran, pencatatan administrasi bahkan juga monitoring santri dan para pengajar (ustadz). Di tahun 2020 ini terdapat 3 aplikasi web base yang hadir untuk memudahkan pesantren, yaitu Pesantri.com, ePesantren, dan sitren.id

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi di era serba digital ini berkembang semakin cepat dari hari kehari. Perkembangan tersebut terjadi dan diupayakan tentunya untuk mempermudah kehidupan manusia dalam aktivitas sehari-hari agar lebih cepat dan efisien. 

Hampir setiap hari terdapat aplikasi baru baik yang berbasis web maupun mobile. Semua pihak, baik individu maupun institusi tertentu merasa perlu untuk memiliki aplikasi pribadi yang dapat mempermudah pekerjaan individu maupun institusi tersebut. Hal ini juga terjadi tidak terkecuali di dalam lembaga pendidikan seperti pesantren sekalipun. 

Pesantren yang selama ini terkenal dengan lembaga pendidikan yang masih menekankan unsur tradisional dalam proses pengelolaan keorganisasian dan belajar mengajarnya, saat ini tidak sedikit juga yang mulai menggunakan sistem digital dan mengakomodir perkembangan teknologi informasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika kita cek di playstore dengan keyword “aplikasi pondok pesantren” misalnya sudah terdapat beberapa pesantren yang membuat aplikasi khusus untuk mempermudah pesantren tersebut, seperti Pondok Pesantren Sidogiri dengan aplikasi Wali Santri PPS, Pesantren Al-Amanah dengan Aplikasi Si Santri, Pondok Pesantren Darussalam dengan aplikasi Si Santri Darussalam dan beberapa aplikasi pesantren lainnya.

Tidak hanya aplikasi berbasis mobile yang tersedia di playstore, aplikasi pondok pesantren yang berbasis web saat ini juga sudah mulai banyak tersedia dan dapat diakses di browser kita secara langsung. Pada tahun 2020 ini saja sudah terdapat 3 aplikasi pondok pesantren berbasis web yang muncul dengan berbagai layanan tertentu. Setiap aplikasi tersebut memiliki persamaan dan juga perbedaan satu sama lain. Tiga aplikasi tersebut yaitu:

1. Aplikasi Pesantri.com

Berdasarkan informasi dari web Pesantri.com, aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis Software as a Service atau  perangkat lunak berbentuk layanan sehingga semua sistem pesantren ini akan terintegrasi dalam satu Cloud Service. Kelebihannya pesantren tidak perlu melakukan instalasi software dan menyiapkan server.

Keuntungan lain bagi pesantren sebagai pengguna adalah terkait keamanan dan maintenance. Karena aplikasi ini berbasis SaaS maka keamanan dan maintenance tentunya akan difasilitasi oleh pesantri secara langsung dan secara sistem hal ini memang mungkin serta dapat dipertanggungjawabkan.

Aplikasi ini dapat melakukan sinkronisasi data secara real time, multi user dan admin, bisa diakses dengan device apa saja (Handphone, PC, laptop), dan menyediakan laporan secara otomatis. Selain itu aplikasi ini juga masih mengakomodir pencatatan secara manual untuk pembayaran, administrasi dara santri dan pencatatan lainnya.

Fitur yang disediakan oleh pesantri.com ini antara lain adalah fitur pendaftaran, pembayaran (SPP, uang gedung, uang pendaftaran), pencatatan pendaftaran, pencatatan keuangan, pencatatan alumni dan analisis asal daerah santri.

Aplikasi yang dikembangan di Sleman, Yogyakarta ini disediakan secara gratis bagi pesantren yang berminat menggunakannya dan untuk informasi lebih detail terkait pemasangan serta penggunaan aplikasi tersebut dapat langsung menghubungi nomor Whatsapp yang tersedia di web pesantri.com. 

 

2. Aplikasi ePesantren

Sama seperti pesantri.com, sistem ePesantren ini tampaknya juga berbasis SaaS sehingga tidak perlu melakukan instalasi dan server terpusat di Cloud Server ePesantren. Kemudian terkait keamanan dan maintenance juga ditangani secara langsung oleh manajemen ePesantren.

Bedanya dengan pesantri.com adalah jika pesantri masih menyediakan pencatatan data secara manual, namun untuk ePesantren ini pencatatan semuanya dilakukan secara otomatis dan tidak lagi mengakomodir pencatatan manual.

Belum terdapat informasi yang detail terkait layanan yang disediakan oleh aplikasi ini di website resminya. Layanan yang tersedia hanya tercatat meliputi kesiswaan, kepegawaian, akademik, keuangan dan laporan. Jika berminat menggunakan aplikasi ini dapat langsung menghubungi kontak yang disediakan di webnya secara langsung.

3. Aplikasi Sitren

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, sitren adalah aplikasi pondok pesantren berbasis web dan mobile yang mengintegrasikan informasi pondok, santri, dan orangtua dalam satu platform, sehingga membentuk sebuah media pengelolaan data pondok pesantren yang praktis. 

Dengan menggabungkan dua modul pokok antara management sistem pondok pesantren dan eLearning (media pembelajaran online), sitren dapat membangun suatu sistem yang dapat mempercepat kinerja staf serta mempererat hubungan antara wali murid dengan pesantren yang bersangkutan.

Fitur yang disediakan sitren antara lain adalah kesantrian yaitu mulai pendataan aktivitas santri di pesantren sampai rekapitulasi nilai ataupun perkembangan santri contohnya tahfidz; administrasi meliputi pendataan biodata santri sampai pendataan identitas pesantren jadi lebih mudah dan tersimpan dalam satu sistem; dan e-learning yaitu fitur yang memudahkan guru atau ustadz dalam penyampaian materi pembelajaran, karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Terkait informasi pembiayaan tidak disampaikan secara detail di website resminya namun dapat dikonfirmasi secara langsung melalui kontak yang sudah tersedia di web sitren.id.

Ikuti tulisan menarik muhammad najih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu