x

Stiker pedoman cuci tangan yang benar yang aka dipasang di wastafel portabel

Iklan

Muchamad Ali Ma'ruf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juni 2020

Kamis, 25 Juni 2020 06:21 WIB

Cegah Covid-19, KKN UM Hibahkan Wastafel Portabel ke Desa Senggreng

Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid19, mahasiswa KKN UM Desa Senggreng 2020 memberikan alat pelindung diri berupa wastafel portabel yang dilengkapi dengan stiker berisikan pedoman cuci tangan yang benar ke Desa Senggreng, Sumberpucung, Malang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 masih menjadi momok bagi masyarakat. Meskipun menyetujui sosial bersakala besar (PSBB) untuk wilayah Malang Raya telah disetujui berakhir sejak 30/5 lalu, namun jumlah positif di wilayah metropolitan ini malah terus meningkat.

Untuk menghindari dan memutus mata rantai penempatan Covid19, Diperlukan alat pelindung diri yang harus digunakan oleh setiap lapisan masyarakat. Alat pelindung diri tersebut bisa berupa masker, pembersih tangan, pelindung wajah atau wastafel untuk mencuci tangan. Mengenai pentingnya alat pelindung diri, pemerintah dan relawan serta kaum akademisi tidak tinggal diam, yaitu dengan cara mengalokasikan bantuan alat pelindung diri kepada masyarakat.

Stiker pedoman cuci tangan yang benar-benar akan dipasang di wastafel portabel

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tim kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Negeri Malang juga memberikan bantuan alat pelindung diri berupa wastafel portabel yang dilengkapi dengan stiker berisikan panduan tentang cuci tangan yang benar ke Desa Senggreng, Sumberpucung, Malang. Menurut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Siti Sendari, “Tujuan dibagikannya wastafel portabel yaitu untuk menjaga kesehatan diri di masa pandemi ini dan dapat dipergunakan oleh masyarakat umum, serta mudah dipindahkan sesuai kebutuhan”.

Selain itu, dosen dari Fakultas Teknik UM ini juga menuturkan bahwasanya wastafel yang akan dibagikan ini harus memenuhi kriteria kesehatan air yang mensuplai dan air buangan sisa cuci wastafel sehingga tidak mencemari lingkungan. Jumlah wastafel yang akan diberikan ke Desa Senggreng berjumlah 6 buah yang akan ditempatkan di titik titik strategis yang banyak diakses warga/tempat publik, perkantoran, ataupun sekolah. Adapun penyerahan wastafel portabel tersebut ke pihak desa akan dilakukan bersamaan dengan penutupan dan penyerahan produk produk KKN lainnya pada 2/7 nanti.

Program penanggung jawab kerja wastafel dan ember wastafel yang akan dikirim ke pihak desa

Menurut Fauzi Priwi Hidayat, salah satu mahasiswa KKN UM yang juga sekaligus sebagai penanggung jawab program kerja (proker) wastafel portabel: “Untuk saat ini, ember wastafel sudah rampung, tinggal kaki wastafel dan pasang udara saja yang masih dalam proses pengerjaan dan ditarget rampung sebelum waktu penyerahan ke pesta desa ”.

Ikuti tulisan menarik Muchamad Ali Ma'ruf lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB