x

Iklan

wahyu putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juni 2020

Kamis, 25 Juni 2020 06:19 WIB

Masa New Normal, KKN UM dan Linmas Tanggap dan Peduli Lingkungan

Gotong Royong dalam membersihkan RTH atau Ruang Terbuka Hijau bersama warga desa dan perangka desa Sengguruh

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merabahnya wabah virus corona (Covid-19), mengakibatkan banyak kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di tutup sementara, mengingat Kebijakan pembatasan sosial berskala besar yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Pemerintah mengeluarkan aturan PSBB secara khusus. RuangTerbuka Hijau (RTH) Desa Sengguruh mengalami dampak penutupan sementara akibat wabah virus corona (covid-19). Selama pandemi tempat tersebut menonaktifakan operasionalnya dalam segi keperawatannya.

 

Penutupan dalam beberapa bulan di karenakan wabah virus corona yang mulai merebak di Jatim, alasan penutupan karena sebagai salah satu upaya preventif dalam mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Akibatnya ruang tebuka hijau yang ada di Desa Sengguruh terbengakalai, banyak tumbuhan liar dan sampah-sambah berserakan dimana-mana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam rangka menjaga kebersihan dan keindahan serta kenyaman lingkungan khususnya ruang terbuka hijau (RTH) di Desa Sengguruh, mahasiswa KKN UM bersama LINMAS (pelindung masyarakat) Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang melaksanakan kerjabakti dengan pembersihan lingkungan guna akan dibukanya RTH Desa Sengguruh pasca PSBB di Kabupaten Malang. Kerja bakti dilakukan di sekitar kawasan RTH dengan membersihkan selokan, jalan-jalan setapak, pencabutan rumput-rumput liar, pengerukan sampah di sekitar saluran air serta membersihkan fasilitas umum seperti MCK (mandi, cuci, kaskus).

 

Manfaat yang dapat dirasakan dalam pelaksaan kegiatan kerja bakti ini adalah terwujudnya lingkungan sekitar yang bersih, menumbuhkan rasa kepeduliaan dalam hal menjaga keberbersihan serta menguatkan tali silaturrahmi antara mahasiswa KKN UM dengan LINMAS Desa Sengguruh.

Ikuti tulisan menarik wahyu putra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu