Hadapi Tantangan New Normal, Mahasiswa KKN UM Bagikan Poster Covid-19 dan New Normal Life di Desa Wandanpuro - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Penyerahan Poster COVID-19 dan New Normal di Desa Wandanpuro

Elhanda Farinta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juni 2020

Jumat, 26 Juni 2020 05:50 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Hadapi Tantangan New Normal, Mahasiswa KKN UM Bagikan Poster Covid-19 dan New Normal Life di Desa Wandanpuro

    Hadapi Tantangan New Normal, Mahasiswa KKN UM Bagikan Poster COVID-19 dan New Normal Life di Desa Wandanpuro

    Dibaca : 852 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bululawang. Dimasa pandemi yang terjadi kini tidak menyurutkan semangat mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang merupakan gabungan dari kelompok XVI Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 untuk membagikan poster mengenai Covid-19 dan New Normal Life di Desa Wandanpuro Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang pada Selasa (16/6/2020). Pembagian poster ini dimaksudkan agar dapat mengedukasi dan menjadi referensi bagi masyarakat dalam menghadapi kebijakan New Normal yang mengharuskan masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. 

    Pembagian poster Covid-19 dan New Normal Life merupakan bentuk perwujudan pelaksanaan program kerja pengabdian masyarakat. Adapun poster Covid-19 berisi mengenai pengertian Covid-19, gejala yang timbul pada penderita Covid-19, cara mencegah penularan Covid-19, istilah-istilah yang ada dalam masa pandemi serta call center tanggap darurat Covid-19. Disisi lain, poster New Normal Life berisi tentang tatacara yang bisa dilakukan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di berbagai tempat seperti pada tempat ibadah, kendaraan umum, tempat kerja, sekolahan hingga tatacara saat membeli bahan pangan. 

    Penyerahan poster dilakukan dalam acara sosialisasi bertema "New Normal Life dan Kampung Tangguh Covid-19" yang bertempat di kantor desa Wandanpuro. Pembagian poster tersebut diberikan kepada perangkat desa, ketua RT, ketua RW serta kader posyandu Desa Wandanpuro.

    Penempelan Poster Covid-19 dan New Normal Life di Desa Wandanpuro

    Poster yang telah diberikan akan ditempelkan pada beberapa tempat seperti kantor desa, pos kamling, tempat ibadah dan pos posyandu. Bersama dengan perangkat desa dan satuan keamanan setempat, para mahasiswa KKN berupaya agar setiap warga bisa mudah dalam membaca sekaligus menerapkan protokol New Normal Life

    Pewarta : Akmadanti Elhanda F

    Fotografer : Claresia Tsany Kusmayadi, Hidayati Maghfiroh

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.080 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.