x

Pipa Air Panas

Iklan

Alvinda Dyah Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 September 2019

Sabtu, 27 Juni 2020 06:12 WIB

Mau Pasang Pipa Air Panas? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini!

Ini dia hal yang perlu diperhatikan saat akan memasang pipa air panas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahukah Anda bahwa sebenarmya, memasang pipa air panas berbeda dengan pipa biasa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya. Jangan sampai salah dan menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari. Oke langsung aja yuk, simak 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang pipa air panas.

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan jika mandi dengan air hangat/panas. Pertama, membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kedua, otot menjadi lebih renggang. Ketiga, penat akan hilang dan terakhir, badan menjadi lebih segar dan siap untuk beristirahat ataupun beraktivitas lagi.

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Memasang Pipa Air Panas

Namun sebelum membahas lebih jauh, Anda  perlu tahu apa yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Langsung aja yuk, ini dia 5 hal yang perlu diperhatikan jika ingin memasang pipa air panas:

1. Tentukan Titik Keran

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama-tama Anda harus menentukan dimana keran akan dipasang. Pastikan titik dan posisisnya pas. Ukur sejauh mana keterjangkauan pipanya. Jangan sembarangan ya, jika tidak ingin air macet dan membuang biaya.

2. Pilih Jenis Pipa

Kedua, Anda harus mengetahui jenis pipa yang pas. Lebih baik gunakan yang berbahan PERT (Polyethylene of Raised Temperature Resistance). Hal ini bukan tanpa sebab, pertama bobotnya lebih ringan dan yang kedua pipa jenis ini bertahan hingga suhu 96 derajat celcius. Wow sangat keren bukan?

3. Segera Tentukan Diameter Pipa

Tahukah Anda bahwa ukuran pipa sangat berpengaruh terhadap kecepatan aliran air panas. Jika untuk bathup standar minimumnya adalah 25. Sedangkan untuk shower, bak mandi atau sink yaitu 15mm. Jangan sampai terbalik ya. Karena tidak mungkin kan mandi di air yang alirannya terlalu cepat atau sedikit.

4. Pilihlah Tipe Pemanas dengan Baik

Selanjutnya, Anda harus memilih tipe pemanas yang baik. Apakah ingin tunggal atau terpusat. Jika Anda memilih yang terpusat maka konsekuensinya membutuhkan pipa yang lebih panjang. Serta kemungkinan air yang sudah panas menjadi dingin juga lebih besar.

5. Perhatikan Keran Pengatur Aliran Air

Anda harus memperhatikan dengan benar, pasanglah stop keran sebelum pipa disambungkan dengan output air panas atau input air bersih. Jika water heater Anda macet, maka sudah tidak perlu lagi mematikan dari sumbernya. Bagaimana mudah bukan?

5 hal di atas harus Anda perhatikan dengan baik dan benar. Karena seperti yang telah diketahui, harga pipa juga tidak murah. Sehingga sayang sekali kan jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Apabila semuanya sudah sesuai dengan aturan, maka dijamin deh aliran air hangat akan senantiasa lancar dan Anda bisa rileks setelah beraktivitas seharian.

Ikuti tulisan menarik Alvinda Dyah Ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB