Website Aktif dengan Konten Kreatif: Dukungan Mahasiswa UM dalam Peningkatan Eksistensi dan Sosialisasi Desa Selorejo di Era New Normal. - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Penyerahan DVD File Pengembangan Konten oleh Mahasiswa KKN UM kepada pihak Desa Selorejo di Kantor Desa Selorejo

zuhria wahidah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juni 2020

Sabtu, 4 Juli 2020 06:28 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Website Aktif dengan Konten Kreatif: Dukungan Mahasiswa UM dalam Peningkatan Eksistensi dan Sosialisasi Desa Selorejo di Era New Normal.

    Dibaca : 321 kali

    Desa Selorejo yang terletak di Kecamatan Dau Kabupaten Malang dikenal dengan desa wisata karena memiliki sejuta potensi dan pesona alam maupun budaya. Banyaknya sumber daya alam dan kekayaan budaya di Desa Selorejo membuat mahasiswa UM (Universitas negeri Malang) yang tergabung dalam Tim KKN (Kuliah Kerja Nayata) berinisiatif untuk lebih mempromosikan desa tersebut.

    Dengan pembuatan dokumentasi yang mencakup nilai-nilai unggulan desa yang dikemas dalam bentuk yang lebih epic, variatif dan komuniaktif diharapkan mampu mendongkrak popularitas dari wisata Desa Selorejo sendiri. Dokumentasi yang berupa e-book dan video profil Desa Selorejo akan dikolaborasikan dengan website resmi Desa Selorejo yang nantinya akan menjadi bagian dari konten website tersebut. Dengan konten yang lebih menarik dan tidak monoton, masyarakat luar akan lebih mudah mendapatkan informasi seputar Desa Selorejo dan website selorejo akan lebih berkembang.

    Selain membuat pengembangan konten website dengan dokumentasi terkait desa selorejo, Mahasiswa KKN UM juga mengambil tindakan responsif atas kejadian yang baru-baru ini menimpa Desa Selorejo. Bulan Mei lalu, Desa Selorejo digemparkan dengan adanya salah satu warga setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19. hal ini membuat pemerintah daerah setempat langsung memberikan intervensi secara langsung dan ketat dalam upaya perlindungan dan pencegahan Covid-19. Upaya penyemprotan disinfektan, pembagian masker, penutupan akses wisata, serta pemberlakuan social dan physical distancing juga diterapkan.

    Dukungan serupa juga diberikan oleh mahasiswa UM yang tergabung dalam Tim KKN UM Desa Selorejo 2020 dalam menyukseskan usaha perlindungan dan pencegahan Covid-19 di Desa Selorejo. Dukungan tersebut diimplementasikan menjadi salah satu program kerja Tim KKN UM yaitu membantu edukasi seputar Covid-19 kepada warga setempat.

    Menilai keadaan yang tidak memungkinkan dalam mengadakan forum sosialiasi, Tim KKN UM membuat alternatif media edukasi yang lebih mudah diakses untuk siapapun terutama warga Desa Selorejo. Media edukasi tersebut dituangkan dan dikembangkan dalam bentuk konten di dalam website resmi Desa Selorejo.

    Selain menciptakan media edukasi yang mudah dan murah untuk diakses, hal ini juga akan membuat website desa lebih berkembang dengan isian yang variatif. Adanya informasi seputar Covid-19 dan tip hidup sehat dan aman saat new normal di website resmi desa Selorejo yang dapat di akses seluruh orang juga menjadikan bentuk responsif pemerintah Desa Selorejo terhadap keadaan selama pandemi dan saat diterapkannya new normal.

    Dengan berbagai konten yang telah dikembangkan oleh mahasiswa Tim KKN UM, website desa Selorejo akan jauh lebih berkembang dengan informasi yang gemilang.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.