Lengkapi Arsip Desa, Mahasiswa KKN UM Buat Peta Tematik untuk Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Malang ( 24/06/2020) Pemberian Peta Penggunaan Lahan pada Pemerintah Desa Jambesari.

tuisda pratisia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Juni 2020

Sabtu, 4 Juli 2020 17:51 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Lengkapi Arsip Desa, Mahasiswa KKN UM Buat Peta Tematik untuk Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang

    Dibaca : 334 kali

    Malang ( 24/06/2020) Pemberian Peta Penggunaan Lahan pada Pemerintah Desa Jambesari.

    Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) melaksanakan KKN Edisi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang (LP2M UM) pada 29 Mei s.d 7 Juli 2020, dengan tema ”KKN Berbasis Produk Karya Pengabdian”. 

    Akibat adanya pandemi Covid-19, kegiatan KKN dilakukan secara daring. Hal tersebut tidak menurunkan semangat mahasiswa dalam berinovasi dan berkarya untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi desa tempat pengabdian, seperti pembuatan peta tematik.

    Peta tematik merupakan peta yang menyajikan informasi atau tema tertentu yang digunakan untuk tujuan yang tertentu pula, misalnya peta penggunaan lahan, peta kepadatan penduduk, peta kerawanan bencana, dan sebagainya. Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN UM Desa Jambesari yang dibina oleh Ibu Yuniawatika S.Pd., M.Pd membuat lima peta tematik, yaitu peta administrasi Desa Jambesari, peta jaringan jalan, peta aliran sungai, peta topografi, dan peta penggunaan lahan yang dibuat berdasarkan kondisi geografis Desa Jambesari.

    Proses pembuatan peta berlangsung selama kurang lebih dua minggu. Selama proses pembuatan peta, penyusun selalu berkoordinasi dengan pihak desa terkait letak dan kondisi geografis Desa Jambesari. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kekeliruan dalam pembuatan peta.

    Pembuatan peta tematik bertujuan untuk menambah arsip desa serta memfasilitasi pemerintah maupun masyarakat Desa Jambesari yang memerlukan informasi terkait batas administrasi, jaringan jalan, topografi/ ketinggian, aliran sungai, serta pemanfaatan lahan di Desa Jambesari. Peta yang telah dibuat diserahkan kepada pemerintah desa secara langsung pada Rabu, 24 Juni 2020 dalam bentuk cetak (hardfile) dan softfile.

    Peta tematik tersebut juga di-publish melalui website desa, agar bisa diakses oleh masyarakat umum yang membutuhkan. Adapun tanggapan dari pihak desa yaitu Bapak Sutomo selaku pemerintah Desa Jambesari menyampaikan bahwa peta yang dibuat sudah bagus, beliau berterimakasih kepada mahasiswa yang telah membuat peta tematik tersebut, selain itu beliau juga berharap peta dapat membantu dan memberikan informasi pada warga masyarakat.

    Penyusun sendiri berharap pemerintah desa dan warga masyarakat dapat memanfaatkan peta tersebut dengan baik. Selain itu, penyusun juga berharap dapat dibuat peta tematik lainnya yang bisa memberikan informasi yang lebih beragam bagi pemerintah dan warga Desa Jambesari.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.