x

Iklan

Melati AY

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2019

Senin, 20 Juli 2020 06:21 WIB

Tip Mahasiswa UNISMA Bekasi agar Tetap Produktif Selama Pandemi Covid-19

Ini dia beberapa Tips untuk Umum dari Mahasiswa Unisma Bekasi Selama Masa Pandemi Covid-19

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi covid-19 yang melanda di seluruh belahan dunia, bagaikan sebuah bencana yang tidak terduga. Akibatnya banyak pusat perbelanjaan dan tempat-tempat publik lainnya yang menutup sementara dan membatasi layanannya selama pandemi. Apalagi setelah diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa wilayah yang berstatus zona hijau yang ada di Indonesia. Kegiatan belajar mengajar di Indonesia pun beralih menjadi sistem pembelajaran daring demi memutus penyebaran virus covid-19.

Selain itu, banyak pula perusahaan-perusahaan yang merumahkan para karyawannya dan tak jarang pula masyarakat yang justru kehilangan pekerjaannya. Tentu saja hal ini menjadi sebuah tantangan baru bagi masyarakat Indonesia khususnya. Masyarakat dituntut agar dapat bertahan hidup di tengah situasi pandemi yang melanda negeri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam "45" (UNISMA) Bekasi yang beberapa waktu lalu tepatnya pada Sabtu, 11 Juli 2020 lalu, mengadakan webinar online melalui aplikasi zoom dengan tema “Sharing-Time: Mengembangkan Potensi Diri Untuk Lebih Produktif dari Rumah”.

Dalam webinar ini, mahasiswa UNISMA Bekasi menggandeng Romy Aztamara selaku Owner Senandung Kopi dan Arul Lego Triono selaku Blogger dan Ketua Himikom Unisma Bekasi 2015-2016 sebagai pembicara atau pemateri. Webinar ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dan pendaftarannya juga free (gratis) tanpa biaya apapun. Selain mendapatkan ilmu dan wawasan mengenai potensi diri, peserta yang mengikuti webinar akan mendapatkan hadiah menarik berupa e-sertifikat dan voucher Gopay/Ovo/Pulsa bagi peserta yang aktif selama acara.

Kegiatan ini dilaksanakan selain bertujuan sebagai memenuhi Ujian Akhir Semester (UAS) di mata kuliah Media Relations, mahasiswa juga diharapkan agar tetap dapat mengasah kreativitas mereka dan mengadakan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang bisa mengedukasi masyarakat umum. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi diri untuk pebih produktif dari rumah ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Berikut beberapa tips agar kita senantiasa tetap produktif selama pandemi :
1. Rajin berolahraga dan melakukan pola hidup sehat. Selain membuat tubuh menjadi tetap sehat, berolahraga juga terbukti membuat kita lebih semangat dalam menjalani hari. Kalian dapat meluangkan waktu 10-30 menit dalam satu hari untuk berolahraga.

2. Buat daftar/list kegiatan yang akan dilakukan di hari ini. Hal ini dapat membantu kita untuk tetap produktif dan memastikan semua daftar tugas tersebut telah selesai dikerjakan pada akhir hari.

3. Mengikuti kelas online. Selama pandemi, banyak kelas yang dilakukan secara online. Selain menambah wawasan dan ilmu baru, hal ini bisa menjadi referensi agar kita tetap produktif selama di rumah.

4. Membersihkan rumah. Hal ini juga penting dilakukan karena selama pandemi kita lebih banyak mengahabiskan sepanjang waktu di rumah. Bersihkan rumah agar nyaman ditinggali dan terhindar dari berbagai macam penyakit atau virus.

5. Pelajari keahlian baru. Selama di rumah saja, kita pasti mengalami rasa bosan. Untuk mengakalinya, kita bisa mempelajari keahlian baru. Memasak, berkebun, berlatih alat musik, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat mengasah potensi besar dalam diri kita.

6. Possitive Thinking. Selama berdiam diri di rumah, rasa bosan pasti menyelimuti. Apalagi di media-media banyak bermunculan berita-berita negatif/hoax mengenai virus covid-19 yang bertebaran dan membuat kita semakin merasa takut. Tanamkan mindset bahwa pandemi ini akan segera berakhir. Berpikiran positif bisa membuat kita menjadi pribadi yang selalu bahagia dan bersyukur dan hal ini bisa menjadi penyemangat dalam menjalani hari selama pandemi.

 

Ikuti tulisan menarik Melati AY lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu