x

Iklan

Rahmadanty Atika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juli 2020

Senin, 20 Juli 2020 12:28 WIB

KKN UNS 2020 : Tanggap Pandemi Covid-19 dari Desa

Artikel ini merupakan luaran kegiatan KKN UNS Tanggap Covid-19

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Angka pasien positif Coronavirus Diseases-2019 (CovidD-19) di Indonesia terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penularan Covid-19 di Indonesia berpotensi akan terus berlangsung.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merupakan perguruan tinggi yang turut andil dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan ini diberi nama KKN UNS Tanggap Covid-19. Selain itu, KKN UNS Tanggap Covid-19 juga sebagai bentuk dukungan terhadap Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Seperti namanya, kegiatan ini difokuskan agar mahasiwa turut berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing khususnya di lingkungan tempat tinggal mahasiswa. Kegiatan KKN UNS Tanggap Covid-19 ini dilaksanakan secara mandiri dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mahasiswa bisa memilih satu dari delapan tema yang ada dan telah disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing daerah tempat tinggal mahasiswa. Mahasiswa juga berkoordinasi dengan Ketua RT/RW setempat untuk menjalankan program yang mereka buat.

Saya, Atika Rahmadanty NIM E0017077, merupakan salah satu mahasiswa yang turut menjalankan KKN UNS Tanggap Covid-19 di RT 004/RW 003, Kelurahan Tonatan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada 15 Mei-30 Juni 2020 dengan bimbingan Bapak Dr.agr.Muhammad Cahyadi, S.Pt., M.Biotech. dan mengambil tema Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19. Tema ini diambil karena sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar serta tepat guna memutus rantai penularan Covid-19.

Adapun program-program yang dibuat diantaranya sosialisasi edukatif melalui media sosial dengan mengirim poster ke grup warga berkaitan pengertian, bahaya, cara penularan, tanda dan gejala, cara mencegah, adaptasi kebiasaan baru di era new normal, serta hal lain yang berkaitan dengan Covid-19. Tak hanya itu, mahasiswa juga melakukan sosialisasi secara tatap muka berupa pentingnya memakai masker saat beraktivitas di luat rumah serta pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat melalui gerakan cuci tangan secara rutin.

KKN UNS Tanggap Covid-19

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Antusiasme dan tanggapan warga RT 004/ RW 003 Kelurahan Tonatan pun sangat baik. Meski sosialisasi lebih banyak dilakukan di media sosial, komunikasi berjalan layaknya sosialisasi secara langsung dengan adanya beberapa pertanyaan dari warga. Warga juga mengapresiasi program-program tersebut dengan baik. 

Harapannya dengan program-program tersebut warga RT 004/RW 003, Kelurahan Tonatan semakin paham betapa mudahnya penularan Covid19 serta sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa sendiri, dengan adanya KKN UNS Tanggap Covid-19 mahasiswa bisa mendapat pengalaman berharga dengan terjun secara langsung ke masyarakat, bersosialisasi dengan warga yang tabiatnya berbeda-beda, belajar menganalisis keperluan warga, serta belajar manajemen waktu.

Ikuti tulisan menarik Rahmadanty Atika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler