x

Iklan

Elang Adiputra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Juli 2020

Senin, 27 Juli 2020 15:02 WIB

Mahasiswa UNS asal Semarang Lakukan KKN Iindividu CoVid-19 2020 di Tempat Tinggal

Elang, Mahasiswa UNS asal Semarang melaksanakan KKN CoVid-19 2020 di RT 06 RW 12, Kelurahan Beringin, Kecamatan Ngaliyan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semarang – 24 Juni 2020, Mahasiswa UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta) sedang melakukan KKN Covid-19 Individu di wilayah masing masing. Walaupun namanya “KKN Individu” tapi mahasiswa tetap mempunyai kelompok sesuai asal daerah. Dikatakan individu karena setiap mahasiswa ditugaskan di tempat tinggal masing-masing dan bekerja secara sendiri tanpa bantuan anggota kelompok. Karena bisa jadi mereka berbeda daerah tempat tinggal.

Salah satu mahasiswa tersebut adalah Elang Adiputra Santoso (K2217030) yang sedang ber-KKN di tempat tinggal dia sendiri di Jl. Mega Permai V RT 06 RW 12, Kelurahan Beringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Elang menyebutkan bahwa ada beberapa tema yang diberikan UNS untuk para mahasiswa dan mahasiswa bebas memilih. Elang menyebutkan dia mengambil tema “Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19” dengan berbagai program kerja yang tetap melakukan protokol Dirumah Aja.

Untuk merealisasikan program kerja tersebut, Elang menggunakan berbagai cara dalam menyebarkan program kerjanya. Ada yang secara offline dan juga online. Elang menggunakan media sosial untuk membantu menyebarkan informasi dari poster yang dibuatnya. “Saya menggunakan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Whatsapp Grup dan juga Youtube untuk menyebarkan poster saya, agar cangkupannya agar lebih luas. Tetapi ada juga program kerja yang disebarkan secara offline seperti pembuatan banner dan memasang poster di papan pengumuman.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program kerjanya ada berbagai macam. Dari membuat poster, video, brosur, hingga banner. Untuk pembuatan poster dan banner, Elang mengatakan bahwa poster tersebut dibuatnya sendiri. Elang membagikan poster ke Whatapps Grup RT 06 dan juga di media sosial Instagram pribadinya.

Berbeda hal nya dengan banner, karena Elang memasang banner langsung di balai RW 12 yang bertepatan dengan jalan masuk utama ke kelurahan tersebut. Elang berharap banner tersebut mampu memberikan informasi bermanfaat ke warga yang lain.

Sedangkan untuk video, Elang mengatakan dia membuat video tentang pembuatan hand sanitizer alami, pembuatan masker, simple workout yang bisa dilakukan dirumah aja, dan juga video cuci tangan dengan benar. Untuk pembuatan hand sanitizer alami Elang menggunakan daun sirih sebagai bahan utama. Bahan bukan hanya mudah didapat, tapi juga kandungan 15% daun sirih di ekstrak sama dengan kandungan 70% etanol dalam Hand Sanitizer.

Untuk menyebarkan brosur, Elang membagikan langsung dari pintu kepintu tapi tetap mematuhi protokol yang ada seperti menggunakan masker dan cuci tangan setelah keluar rumah.

Elang berharap bahwa semoga KKN nya kali ini mampu memberi informasi pemahaman tentang Covid-19 serta Elang ingin warga Jl. Mega Permai V RT 06 RW 12 lebih aware terhadap pandemik virus ini.

Ikuti tulisan menarik Elang Adiputra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler