x

Iklan

Dian Pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2020

Rabu, 29 Juli 2020 09:12 WIB

Resep Chicken Karage dan Sushi Ala Jepang Cocok untuk Menu Bento Box

Bagi Anda yang juga ingin membuat bento box dengan menu makanan Jepang, berikut resep chicken karage dan juga sushi ala Jepang yang bisa dicoba.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Resep Chicken Karage

nasikotakindonesia.com - Saat ini sudah cukup banyak orang yang memilih membawa bekal makan siang, baik itu anak sekolahan, mahasiswa, bahkan pegawai kantoran. Selain menu masakan rumah yang disajikan lebih terjamin kebersihannya, membawa bekal makan siang juga dapat membuat kita lebih hemat uang makan. Kebiasaan membawa bekal makan siang sendiri tak hanya ada di Indonesia, masyarakat di negara-negara lain pun juga banyak yang melakukannya. Sebenarnya bekal makan siang yang ditaruh di dalam sebuah kotak makan sendiri pertama kali dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Oleh orang Jepang bekal makan siang ini disebut bento box.

Di Jepang, bekal makan siang alias bento box ini berisikan berbagai jenis makanan yang ditata sedemikian rupa di dalam sebuah kotak makan. Bahkan banyak orang Jepang yang menghias bento box dengan membentuk bekal makan siangnya dengan bentuk karakter yang menggemaskan. Nah bagi Anda yang juga ingin membuat bento box dengan menu makanan Jepang seperti chicken karage, berikut resep yang bisa Anda coba.

Resep Sushi Ala Jepang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Resep Chicken Karage

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang cukup terkenal di dunia termasuk Indonesia. Selain itu makanan yang dibuat dengan bahan dasar berupa nasi ini juga disukai oleh semua kalangan, jadi sangat cocok untuk dijadikan bekal makan siang. Untuk membuat sushi, bahan yang diperlukan antara lain;

Bahan Nasi untuk Sushi:

  • 200 gram Beras
  • 20 ml cuka beras atau cuka apel
  • ½ sdm gula
  • ½ sdt garam

*sdm (sendok makan), sdt (sendok the)

Bahan Lainnya:

Nori (rumput laut kering) berbentuk lembaran secukupnya

Bahan Isian:

  • 1 Buah Mentimun, buang bijinya lalu potong memanjang
  • 2 butir telur, dikocok dan dimasak menjadi telur dadar, potong memanjang
  • 1 buah alpukat secukupnya
  • Crab stick atau sosis secukupnya

Bahan pelengkap dan alat:

  • Pasta wasabi (Jika tidak suka wasabi, tak perlu menggunakannya)
  • Shoyu (kecap asin)
  • Acar jahe
  • Mayonnaise
  • Alat Penggulung Sushi

Cara Membuat Nasi untuk Sushi:

Pertama-tama cuci beras seperti mencuci beras pada umumnya hingga bersih. Setelah itu masak nasi seperti biasa. Setelah matang pindahkan nasi ke dalam wadah atau baskom. Lalu campur nasi tadi dengan cuka, gula, dan garam kemudian aduk hingga merata. Sambil mengaduk nasi, Anda juga bisa mencoba mendinginkan nasi agar uap yang dihasilkan dari nasi yang baru matang segera menghilang. Jika nasi sudah dingin, nasi siap digunakan.

Cara Membuat Sushi:

Pertama siapkan alat penggulung sushi, lalu taruh lembaran nori di atas penggulungan tersebut. Taruh bagian nori yang tampak mengkilap di bagian bawah. Setelah itu ambil nasi secukupnya kemudian ratakan di atas noro. Setelah nasi rata mengisi sebagian (setengah) lembaran nori, tata isian sushi seperti potongan sosis atau crab stick, timun, dan alpukat di atas nasi. Kemudian gulung sushi hingga nasi menjadi padat.

Untuk membuat nori saling menempel di bagian akhir, Anda bisa mengoleskan sedikit air pada ujung lembaran nori. Setelah sushi sudah terbentuk dan nasi tampak sudah padat, potong sushi menjadi beberapa bagian. Agar mempermudah memotongnya, pastikan pisau yang digunakan cukup tajam, ya, Setelah itu tata sushi yang sudah dipotong ke dalam kotak bekal. Anda bisa menambahkan selada, tomat ceri, dan juga sosis goreng untuk mempercantik tampilan bento box tersebut.

Resep Chicken Karage

Resep Chicken Karage

Karage adalah sebutan untuk proses menggoreng masakan ala Jepang yang menggunakan banyak minyak goreng untuk membuat sebuah makanan. Biasanya resep karage menggunakan bahan seperti ayam, daging, ikan, atau seafood lainnya. Potongan daging ini dibumbui dengan mirin atau saus rendaman yang dibuat dari campuran kecap asinbawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang. Penggunaan minyak goreng yang cukup banyak ini berfungsi untuk menghasilkan makanan dengan rasa yang renyah.

Salah satu resep karage yang cukup populer di Indonesia adalah chicken Karage. Untuk membuat sendiri makanan Jepang satu ini, berikut bahan yang diperlukan dan cara membuatnya;

Bahan Membuat Chicken Karage:

  • 450 gram dada ayam tanpa tulang
  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica atau lada bubuk secukupnya

Bahan untuk Rendaman Daging Ayam

  • 1 sdt jahe parut
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt kecap asin
  • Garam secukupnya
  • Merica atau lada bubuk secukupnya

Cara Membuat Chicken Karage

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging dada ayam tanpa tulang denga bentuk dadu dengan ukuran sekitar 1cm. Kemudian campurkan potongan daging ayam dengan bahan bumbu rendaman. Agar bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging, diamkan daging yang telah dicampur bumbu tersebut di dalam lemari es kurang lebih selama 1 jam lamanya.

Setelah satu jam, keluarkan daging ayam dari dalam kulkas, lalu gulingkan daging ayam tersebut ke dalam tepung terigu yang sudah ditambahkan dengan tepung maizena, garam, dan merica. Agar tepung menempel sempurna pada daging, Anda dapat menekan-nekannya pelan. Selanjutnya goreng ayam yang telah dilumuri tepung, dengan minyak goreng panas. Untuk menggoreng chicken karage setidaknya Anda membutuhkan minyak goreng sebanyak 1 liter, agar ayam dapat terendam dengan sempurna. Goreng karage hingga cokelat keemasan. Bila sudah matang angkat dan tiriskan.

Tak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap menu bento box, chicken karage juga nikmat dijadikan sebagai camilan dengan menambahkan mayonnaise untuk membuat rasanya semakin lezat. Jika ingin memasukan chicken karagae dalam menu nasi kotak untuk makan siang, Anda bisa menambahkan salad dari kubis dan wortel yang sudah dicampuri sedikit cuka, serta beef teriyaki sebagai pelengkap bekal makan siang.

Ikuti tulisan menarik Dian Pratiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler