x

Melinda Rosmita memberikan sosialisasi terkait media pembelajaran daring kepada Ibu Sundari

Iklan

Melinda Rosmita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Agustus 2020

Jumat, 7 Agustus 2020 13:53 WIB

Mahasiswa KKN Unej Mengenalkan Inovasi Pembelajaran dengan Media Daring

Artikel ini berisi mengenai kegiatan KKN "Back to Village" yang dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi terkait media pembelajaran daring kepada guru kelas 6 SDN 1 Perante, Ibu Sundari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya mahasiswa Universitas Jember. Pada umumnya, KKN dilakukan secara berkelompok di desa binaan Universitas Jember. Namun, akibat adanya pandemi Covid-19 KKN pada tahun 2020 dilaksanakan secara mandiri di desa masing-masing yang disebut KKN UNEJ “Back to Village”.

Sebanyak 3.997 mahasiswa Universitas Jember mengikuti kegiatan KKN mulai tanggal  1 Juli sampai 14 Agustus 2020. Salah satu kegiatan KKN yang dilakukan yaitu pengenalan inovasi pendidikan anak sekolah selama pandemi Covid-19.

Salah satu mahasiswa yang melakukan KKN “Back to Village” adalah Melinda Rosmita yang memberikan sosialisasi terkait media pembelajaran daring kepada guru SD kelas 6, di Desa Perante, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini dilakukan melalui tatap muka secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti yang disarankan oleh drg. Agustin Suci Wulan Dharmayanti sebagai Dosen Pembimbing Lapang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan ini bertujuan agar guru dapat tetap terhubung dengan siswa-siswanya secara daring sehingga kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini melibatkan Melinda sebagai pemateri dan Ibu Sundari sebagai sasarannya.

“Selama ini, media yang saya gunakan hanya Whatsapp saja untuk memberikan materi dan tugas kepada siswa. Saya belum mencoba media lain karena hanya bisa mengoperasikan Whatsapp saja,” ujar ibu Sundari.

Kegiatan KKN dilakukan dengan memperkenalkan media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar secara daring seperti Google  Document, Google Classroom, dan Quizizz. Melinda Rosmita menjelaskan bahwa media tersebut dipilih berdasarkan efektivitas, boros atau tidaknya penggunaan kuota internet dan kemampuan guru sasaran dalam mengoperasikan teknologi.

“Saya berharap program yang saya jalankan bersama sasaran selama KKN dapat memberikan inovasi pembelajaran yang akan berdampak positif pada kegiatan belajar mengajar selama pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ikuti tulisan menarik Melinda Rosmita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler