x

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Selasa, 18 Agustus 2020 11:07 WIB

Kelebihan dan Kekurangan SSD Dibandingkan dengan HDD

Mau upgrade penyimpanan ke SSD tapi masih ragu? Simak kelebihan dan kekurangan SSD jika dibandingkan dengan HDD berikut ini agar mendapat pencerahan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sering perkembangan teknologi hardware komputer/PC dan laptop yang begitu pesat, penggunaan media penyimpanan yang tadinya semua orang menggunakan HDD (hard disk drive) sekarang mulai berpindah ke teknologi penyimpanan terbaru berupa SSD (Solid State Drive). Singkatnya SSD adalah alat penyimpanan data yang fungsinya sama dengan HDD atau Hard Disk Drive, namun di dalam SSD data yang kita simpan diletakkan pada chip memori dan bukan pada piringan seperti yang HDD lakukan sehingga proses penulisan dan membaca data menjadi lebih cepat berkali-kali lipat dari Hardisk yang menggunakan piringan.

 

Dengan munculnya teknologi penyimpanan baru ini, banyak orang menanyakan lebih baik mana antara SSD atau HDD? Sebenarnya keduanya sama-sama merupakan media penyimpanan, yang membedakan hanya komponen yang ada di dalamnya; HDD menggunakan disc (piringan) sementara SSD terdiri dari sekumpulan memori yang dipasang di board.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Meski sekarang sudah banyak yang menggunakan SDD baik itu PC dan laptop high end dan mid end, bahkan sekarang laptop-laptop berspesifikasi low end yang hanya berharga dikisaran 4 jutaan sudah mulai membenamkan SSD di dalam laptopnya. Namun tetap saja kedua jenis penyimpanan data tersebut (SSD &HDD) memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan SSD jika dibandingkan dengan HDD, nantinya kelebihan dan kekurangan SSD yang saya jelaskan dibawah diharapkan dapat membantu Anda memilih jenis alat penyimpanan data yang tepat bagi laptop atau PC Anda.

 

Kenapa hanya membahas kelebihan dan kekurangan SSD jika dibandingkan dengan HDD saja?. Saya hanya menjelaskan hal tersebut dikarenakan HDD sudah lama ada dan sudah banyak yang familiar dengannya, sedangkan SSD masih terhitung baru dan belum banyak yang familiar dengannya.

 

Kelebihan SSD Jika Dibandingkan dengan HDD

  • SSD jauh lebih cepat dalam kinerja membaca serta menulis ulang dokumen atau dalam bahasa programnya read and write, ini akan terasa sekali efeknya pada saat kita mengcopy atau mengirim file. Hal ini terjadi karena komponen SSD yang menggunakan chip dan bukan piringan seperti hardisk, sehingga proses menemukan, membaca, dan menulis data bisa dilakukan dalam waktu singkat, bahkan SSD termurah yang beredar dipasaran memiliki speed yang benar-benar kencang jika dibandingkan dengan HDD.
  • Kecepatan booting, dalam hal ini seperti pada saat kita menghidupkan pc/laptop dan saat kita membuka aplikasi yang berat. Hal ini terjadi karena kelebihan pertama yang saya sebutkan tadi, yaitu karena kecepatan membaca dan menulis data yang benar-benar cepat.
  • Tidak berisik, mengingat komponen SSD merupakan chip dan tidak seperti HDD yang menggunakan lempengan magnetik dalam menyimpan data yang berputar saat bekerja dan menimbulkan suara bising.
  • Ringan, SSD sangat ringan karena komponennya tidak besar seperti HDD. Berat SSD jauh lebih ringan dibandingkan SSD berkat komponen didalamnya yang berupa chip dan bukan sebuah piringan.
  • Hemat Daya, dengan menggunakan SSD kita lebih menghemat daya dari perangkat.
  • Tahan Guncangan, SSD sendiri lebih tahan terhadap guncangan berbeda dengan HDD yang lebih sensitif dan rawan kerusakan.


Kekurangan SSD

  • Harga, harga dari SSD sangat mahal dan jika dibandingkan dengan HDD bisa jauh lebih mahal SSD. Namun nampaknya ini hanya masalah pintar-pintar mengatur dana dan mengkombinasikan SSD dengan HDD, dengan dana yang tidak banyak kita bisa menggunakan SSD untuk sistem operasi dan aplikasi saja, sedangkan untuk data-data lainnya seperti gambar, foto, musik dan video kita bisa menggunakan HDD. Dan juga seperti biasa, teknologi ini suatu saat nanti akan menjadi murah dan sepertinya itu tidak butuh waktu yang lama.

 

Demikian penjelasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan SSD jika dibandingkan dengan HDD. Semoga dengan ini Anda mendapatkan sedikit pencerahan mengenai SSD dan menjadi lebih jernih untuk merencanakan upgrade komponen penyimpanan data komputer atai laptop Anda.

 

Sumber referensi : Kreativeunit

 

 

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu