x

Tahun Baru Islam 1442 Hijriah

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 20 Agustus 2020 09:53 WIB

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah

Untuk seluruh umat muslim, selamat Tahun Baru 1442 Hijriah. Semoga kita senantiasa sehat dan dilimpahi  keberkahan, menjadi manusia yang lebih baik dari tahun lalu dan sebelumnya. Selamat dunia dan akhirat-Nya. Aamiin

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kamis, 20 Agustus 2020, seluruh umat Islam di dunia, merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah.Muharam adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriah. Muharram artinya 'diharamkan' atau 'dipantang', yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Hijriah adalah Hijrah, perpindahan/migrasi Nabi Muhammad dan pengikutnya dari Mekkah ke Madinah.

Hadirnya tahun baru Islam ini, adalah momentum bagi diri semua umat muslim untuk memperbaiki diri. Yang tahun lalu sudah baik dalam sikap, ibadah, amal, perbuatan, dan lainnya dapat mempertahankan dan meningkatkan. Bagi yang belum, dapat memperbaikinya di tahun ini dengan cara menghijrahkan hidup kita ke pribadi yang lebih baik dan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Lebih khusus lagi, momentum tahun baru ini juga sarana bagi diri kita untuk instrospeksi dan merefleksi diri, sudah sejauh mana kualitas diri dan ibadah kita.

Tengoklah segala  perilaku kita yang buruk seperti yang dilakukan oleh lisan kita dan ibadah kita. Inilah saatnya kita melakukan perbaikan diri bukan sekadar kuantitas, namun juga perilaku, lisan, dan ibadah yang berkualitas.

Tahun baru, juga wajib dijadikan momentum untuk diri kita dapat menjalankan seluruh perintah Allah SWT sesuai aturan/tuntunan yang di tuangkan dalam Alquran atau aturan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dan puncak dari refleksi dan instrospeksi diri itu adalah menjadikan kita, manusia yang istiqamah, berpendirian kuat, teguh. Istikamah juga berarti lurus, benar, dan tetap pendirian atas suatu keyakinan dan kebenaran ajaran Allah Swt, lalu melaksanakan segala ketentuan-Nya.

Selain momentum tersebut, sesuai dengan nama bulan, muharram yang artinya diharamkan, pada saat itu, diharamkan untuk perang dan pertumpahan darah, maka sesuai dengan kondisi saat ini, khususnya di Indonesia, bulan Muharram harus dijadikan momentum untuk seluruh umat Muslim reda dari kisruh dan permusuhan yang terus berkecamuk, sebagai akibat dari gelaran kegiatan politik dan diikuti oleh bulan-bulan hijriah lainnya. Aamiin

Untuk seluruh umat muslim, selamat Tahun Baru 1442 Hijriah. Semoga kita senantiasa sehat dan dilimpahi  keberkahan, menjadi manusia yang lebih baik dari tahun lalu dan sebelumnya. Selamat dunia dan akhirat-Nya. Aamiin

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu