x

Ilustrasi apartemen. ANTARA/Andika Wahyu

Iklan

Utami Wulandari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Agustus 2020

Selasa, 25 Agustus 2020 09:23 WIB

9 Tip Membeli Apartemen untuk Pemula, Investor dan Konsumen Perlu Tahu

Apa tujuan Anda membeli apartemen? untuk disewakan atau ditempati sendiri? Apapun alasannya, membeli apartemen merupakan keputusan besar, dan perlu dilakukan dengan petimbangan matang. Tip berikut dapat membantu ketika memilih apartemen pertama Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa tujuan Anda membeli apartemen? untuk disewakan atau ditempati sendiri? Apapun alasannya, membeli apartemen merupakan keputusan besar, dan perlu dilakukan dengan petimbangan matang. 

Sebelum mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya, Anda perlu tahu tip membeli apartemen pemula, supaya tidak menyesal di kemudian hari. 

1. Pastikan Apartemen Berada di Lokasi Terbaik

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lokasi adalah variabel terpenting ketika memilih properti. Jika salah memilih lokasi, konsekuensinya bisa fatal. Nilai investasi merosot, properti susah laku dan untuk ditinggali sendiri pun menyulitkan. 

Dalam membeli apartemen juga demikian. Jika ingin membeli apartemen untuk keperluan investasi, paling tidak hal-hal berikut harus terpenuhi. 

  • Transportasi publik yang saling terintegrasi
  • Infrastruktur yang memadai
  • Sejumlah pilihan sekolah dan institusi pendidikan lain untuk anak
  • Ketersediaan fasilitas kesehatan. 
  • Atraksi hiburan di sekitar apartemen. 

2. Fasilitas Apartemen yang Sesuai Kebutuhan Anda

Jika Anda membeli apartemen untuk ditinggali sendiri, fasilitas apa yang Anda butuhkan? Perlu diingat, tidak semua apartemen menyediakan fasilitas lengkap. Untuk gym misalnya, ada apartemen yang menyediakan peralatan lengkap, ada juga yang menyediakan peralatan seadanya. 

Bagi Anda yang sering berolahraga, tentu lebih menginginkan pilihan pertama. Untuk kolam renang juga lain lagi. Ada yang menyediakan kolam renang indoor, outdoor, privat, publik atau bahkan tidak ada kolam renang sama sekali seperti apartemen Kalibata City. 

Semua kembali lagi pada kebutuhan Anda. Ketersediaan fasilitas akan berpengaruh pada harga beli apartemen dan biaya pemeliharaan fasilitas pasca pembelian yang termasuk dalam IPL (Iuran Pengelolaan Apartemen). 

3. Kenali Peraturan-Peraturan di Apartemen 

Setiap apartemen memiliki peraturan yang berbeda untuk penghuninya. Peraturan ini mencangkup beberapa hal, mulai dari jam operasional fasilitas sampai kebijakan hewan peliharaan. 

Anda yang memiliki hewan peliharaan perlu berhati-hati dalam membeli apartemen. Pasalnya, sebagian besar apartemen di Jabodetabek tidak memperbolehkan penghuni membawa hewan peliharaan. 

Hanya sebagian kecil saja yang memperbolehkan. Salah satu contohnya adalah Elevee Alam Sutera, yang menyediakan pet yard untuk memfasilitasi penghuni yang membawa hewan peliharaan. 

Mengetahui peraturan-peraturan semacam ini sangat penting agar terhindar dari denda atau masalah-masalah dengan pihak apartemen. 

4. Pertimbangkan Lahan Parkir

Hidup di kota besar terkadang memaksa kita untuk memiliki kendaraan pribadi. Jika Anda memiliki mobil, lahan parkit tidak boleh luput dari perhatian ketika membeli apartemen. 

Tentu seluruh apartemen di Jabodetabek menyediakan lahan parkir, tetapi apakah luasnya cukup? Bagaimana dengan kondisi kepadatannya, apakah lahan parkir sudah penuh oleh penghuni-penghuni lain?

Usahakan untuk mencari tahu tentang hal ini sebelum melakukan pembelian. Selidiki juga apa ada biaya ekstra yang perlu dibayar jika Anda memarkir mobil pribadi di apartemen. Kalau ada berapa biayanya? Dan seterusnya. 

5. Kenali Tetangga Anda

Tetangga di sekitar unit akan sangat berpengaruh pada pengalaman Anda tinggal di apartemen. Jadi, jangan sampai salah pilih. 

Sebelum melakukan pembelian, alangkah baiknya jika Anda mengunjungi secara langsung unit apartemen yang ditaksir. Tunggu beberapa saat di luar pintu, dan lihat siapa yang keluar masuk. 

Orang-orang inilah yang akan menjadi tetangga Anda. Dengan melihat mereka, Anda akan memiliki gambaran tentang tinggal di apartemen tersebut. 

Jika Anda membawa serta keluarga untuk tinggal di apartemen, Anda mungkin ingin menghindari lingkungan yang dipenuhi sekelompok anak muda yang cenderung berisik. 

6. Pilih Apartemen dengan Tingkat Okupansi Tinggi

Tips membeli apartemen untuk pemula yang satu ini berlaku bagi investor. Tingkat okupansi yang tinggi adalah alasan mengapa apartemen layak dijadikan portofolio investasi Anda. 

Bagaimana cara kita mengetahui apartemen yang ditaksir punya tingkat okupansi yang tinggi atau tidak? Salah satu caranya dengan melihat riwayat penyewaan apartemen di platform sewa properti seperti Airbnb. 

Jika banyak yang menyewakan apartemen yang Anda taksir di Airbnb untuk jangka pendek, tandanya ada permintaan yang cukup tinggi untuk properti tersebut. 

7. Pilih Apartemen yang Dikembangkan oleh Developer Terpercaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada sejumlah proyek apartemen berjalan mangkrak karena pengembang yang tidak bertanggungjawab. Entah karena perizinannya yang terhambat, lahannya yang masih sengketa atau pendanaannya yang kurang. 

Jika sudah begini, yang dirugikan adalah konsumen properti. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu reputasi pengembang apartemen yang Anda taksir. 

Apakah mereka berpengalaman dalam membangun proyek apartemen? Sudah berapa banyak portofolio yang mereka miliki? Dengan mengetahui rekam jejak pengembang-pengembang ini, masalah di kemudian hari terkait sertifikat kepemilikan apartemen, dan tanggal serah terima kunci dapat dihindari. 

8. Tentukan Metode Pembayarannya

Jika rumah bisa dibeli secara KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), apartemen dapat dibeli dengan metode KPA (Kredit Kepemilikan Apartemen). Dengan adanya KPA, pembeli dapat mencicil pembelian apartemen bahkan hingga puluhan tahun lamanya. Tentu dengan persyaratan khusus dari bank. 

Anda juga bisa membeli apartemen dengan tunai (hard cash). Malahan metode ini dianggap lebih menguntungkan, karena biasanya ada banyak diskon yang bisa didapat ketika apartemen dibeli secara kas keras. 

9. Jangan Berhenti Pada Satu Apartemen Saja

Begitu Anda menemukan apartemen yang Anda inginkan, jangan berhenti sampai di sana. Temukan lagi apartemen-apartemen ideal lain berdasarkan nilai properti, lokasi, sampai fasilitasnya. Kalau bisa jumlahnya harus mencapai 8-10 apartemen, agar Anda bisa mendapat perbandingan yang menyeluruh. 

Banyak orang yang mengabaikan tips membeli apartemen yang satu ini. Mereka terlalu terburu-buru dalam mengambil tindakan. Dampaknya? Menyesal di kemudian hari, karena menemukan properti yang lebih baik. 

Menemukan lebih banyak listing apartemen dapat memperbesar kemungkinan Anda menemukan apartemen terbaik untuk dijual, disewakan, maupun ditempati sendiri. Untuk mendapatkan listing properti ini, Anda dapat berselancar di marketplace properti yang menawarkan beragam pilihan apartemen, seperti Jendela360.com, Lamudi, Rumah.com, Rumah123.com, dsb. 

Sudah siap dengan pembelian apartemen pertama Anda? Saya harap tips membeli apartemen untuk pemula di atas mampu membantu Anda dalam berburu apartemen. Selamat mencoba. 

Ikuti tulisan menarik Utami Wulandari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler