x

Mahasiswa PMM UMM bersama siswa Sekolah Dasar (SD) di RT 71 dan RT 82 dusun Ngliyep

Iklan

Dinda Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Agustus 2020

Jumat, 28 Agustus 2020 07:01 WIB

Asyik dan Menyenangkan, Mahasiswa PMM UMM Mengadakan Teras Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa PMM UMM tetap memperhatikan masalah pendidikan di Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang – Mahasiswa Kelompok 7 Universitas Muhammadiyah Malang di bawah bimbingan Ibu Nawang Sulistyani, M.Pd yang sedang melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang membuat program kerja “Teras Belajar” sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap bidang pendidikan di tengah Pandemi COVID-19. Tujuan dari “Teras Belajar” adalah untuk membantu mengoptimalkan proses pembelajaran yang dilakukan secara online. Program ini dilaksanaan pada pagi hari dari pukul 08.00 - 10.00 WIB dan diadakan tiga kali dalam satu minggu yang melibatkan siswa Sekolah Dasar (SD) di RT 71 dan RT 82 dusun Ngliyep.


Kegiatan “Teras Belajar” diawali dengan berdoa bersama kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan tugas online yang telah diberikan oleh guru. Peran mahasiswa di sini adalah membimbing pengerjaan tugas, menjelaskan materi yang sulit dipahami dan mengevaluasi hasil pengerjaan tugas siswa. Sebelum kegiatan berakhir, selalu diadakannya permainan kecil beserta hadiah bagi pemenangnya untuk menciptakan suasana yang asyik dan menyenangkan bagi siswa selepas melakukan pembelajaran.


Bapak Aris, selaku ketua Dusun Ngliyep mengatakan “Saya sangat mengapresiasi kegiatan Teras Belajar ini karena Dusun Ngliyep sendiri memiliki kendala adanya keterbatasan guru les sehingga kegiatan ini sangatlah membantu.” Salah satu wali murid, ibu Sela juga mengatakan bahwa saat ini, sebagain besar wali murid merasa terbebani karena sulitnya membagi waktu antara pekerjaan dan menemani belajar siswa. Sehingga kegiatan ini sangat membantu meringankan beban wali murid.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Dinda Ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler