x

Iklan

Eko Febrianto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Agustus 2020

Sabtu, 29 Agustus 2020 09:35 WIB

KKN UNS Era Covid-19 : Edukasi Warga Dusun Candi Baru dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 untuk Menyongsong Era New Normal


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Wonogiri - Covid-19 merupakan virus yang sudah ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi dan telah menyebar hampir ke seluruh belahan dunia. Negara Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak luput terdampak virus ini. Di Indonesia penyebaran Covid-19 sudah meluas hampir ke seluruh provinsi. Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan dalam masyarakat baik bidang kesehatan, ekonomi, integrasi sosial, produksi, serta pendidikan.

Khusus dalam bidang pendidikan, salah satu kegiatan dari kampus yang harus terganggu dalam hal pelaksaannya adalah program KKN mahasiswa. Namun, dengan adanya terobosan yang dilakukan oleh pihak kampus salah satunya adalah UNS, KKN mahasiswa berhasil dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat dilaksanakan menyesuaikan situasi di tengah pandemi corona. Dengan tajuk "KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19", kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa di lingkungan RT/RW atau Desa/Kelurahan masing-masing. Salah satu tema besar program kerja dari KKN ini yaitu Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19.

Eko Febrianto (F0217035) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu mahasiswa UNS yang melakasanakan kegiatan KKN Era Covid-19 secara individu di Dusun Candi Baru RT 003 RW 009, Kelurahan Setrorejo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Terdapat berbagai program yang telah dilaksanakan baik itu secara daring maupun langsung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Metode daring dilakukan dengan terlibat langsung dalam grup whatsapp warga Candi Baru RT 003 RW 009 dengan membagikan informasi atau edukasi seputar hal-hal yang berhubungan dengan covid-19 yang diperoleh langsung dari sumber terpercaya, diantaranya adalah Kemenkes dan WHO, sehingga kemungkinan masyarakat memperoleh informasi HOAX seputar covid-19 sangat kecil. Metode daring melalui grup whatsapp dipilih karena hampir semua warga sudah melek teknologi dan tergabung di dalamnya, selain itu prosesnya mudah, cepat, dan lebih menghemat biaya.

Kegiatan langsung yang dilaksanakan diantaranya pemasangan MMT dan penempelan poster mengenai edukasi seputar cara mencegah covid-19 di tempat-tempat umum yang sering dilewati oleh warga sekitar. Selain itu, agar sosialisasi seputar covid-19 lebih merata, maka dilakukan sosialisasi secara door to door ke rumah-rumah warga secara langsung.

Pemasangan MMT Seputar Cara Mencegah Penularan Covid-19 di Pos Kamling

Kegiatan secara langsung yang dilaksanakan tidak sebatas hanya pada kegiatan sosialisasi, namun juga dilakukan donasi berupa sabun cuci tangan dan hand sanitizer dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan tangan untuk mencegah penularan covid-19.

Kegiatan Donasi Hand Wash dan Hand Sanitizer

Kegiatan KKN yang dilaksanakan kurang lebih selama 40 hari ini berjalan lancar dan mendapat respon yang bagus dari warga sekitar. Pemahaman dan pola hidup sehat sedikit demi sedikit mulai terbentuk dalam kehidupan sehari-hari warga, sehingga kedepannya harapan untuk masyarakat di Dusun Candi Baru RT 003 RW 009 yang siap dalam menghadapi era kehidupan yang baru atau lebih dikenal dengan sebutan era new normal dapat terwujud.

Ikuti tulisan menarik Eko Febrianto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB