x

Iklan

Faruk Ahmad

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Agustus 2020

Rabu, 2 September 2020 17:17 WIB

Adakan Rumah Belajar, Mahasiswa UMM Sosialisasikan Cegah Covid-19

Rumah belajar di Desa Purwosekar, Kab. Malang diadakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, Mahasiswa UMM juga memberikan edukasi kepada anak-anak tentang cara hidup sehat dan lawan covid-19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang – Corona Virus Desease (Covid) 19 merupakan suatu penyakit yang kini tengah menjadi pandemi di hampir seluruh negara di dunia. Penyakit yang menyerang manusia tanpa pandang usia ini kini makin merajalela, termasuk di Indonesia. Dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, menjadi penyemangat mahasiswa KKN UMM Kelompok 67 untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat ditengah pandemi.  Sasaran sosialisasi kali ini adalah siswa–siswi SD Negeri 2 Purwosekar, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang kelas empat dan lima, yang tengah melakukan kegiatan belajar mengajar dikelompok belajarnya masing-masing.

Sosialisasi yang dilaksanakan secara bertahap selama empat hari ini juga melibatkan pihak sekolah dalam hal perizinan. Kegiatan dimulai sejak tanggal 10 Agustus hingga 13 Agustus 2020. Tempat sosisalisasi hari pertama (10/08) adalah kediaman Alvin yang merupakan siswa kelas empat dari kelompok belajar tiga. Sosialisasi hari kedua (11/08) dilaksanakan di kediaman Safa yang merupakan siswi kelas empat dari kelompok belajar satu. Sosialisasi di hari ketiga (12/08) bertempat dirumah Reyhan yang merupakan siswa kelas empat kelompok belajar dua. Pada hari terakhir (13/08), sosialisasi dilaksanakan di kediaman Aji, siswa kelas lima dari kelompok belajar tiga.

Mahasiswa UMM menyampaikan tiga materi dalam sosialisasi ini, yakni tujuh langkah cara mencuci tangan yang benar, enam kesalahan dalam menggunakan masker beserta cara mengenakan masker yang benar, dan pentingnya physical distancing. Alasan diambilnya ketiga materi tersebut mengingat masih banyak warga khususnya anak – anak di desa ini yang belum menerapkan protokol kesehatan. Terlebih anak – anak sering bermain diluar rumah tanpa menggunakan masker. “Ketiga materi itu kami sampaikan mengingat situasi covid-19 yang sekarang terjadi dan ketiganya merupakan protokol kesehatan yaang digalakkan pemerintah. Kita perlu mengantisipasi penyebaran covid-19 pada anak – anak karena mereka juga rentan tertular virus,” ujar Sinta selaku ketua kelompok.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak hanya melakukan sosisalisasi, mahasiswa UMM ini juga membantu proses belajar mengajar dalam kelompok belajar tersebut. Mata pelajaran yang diajarkan pada minggu ini adalah matematika, ilmu pengetahuan alam dan seni tari. Ibu Amel, selaku wali kelas kelas empat mengaku senang dengan adanya sosialisasi dan bantuan tenaga pengajar di kelasnya. “Kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini sangatlah membantu saya dalam mengajar siswa, dan belajar jadi lebih efektif. Sosialisasi yang dilakukan juga dapat mengedukasi anak – anak agar mereka lebih sadar dalam menjalankan protokol kesehatan,” ucapnya.

Para siswa sangat antusias dalam mendengarkan setiap materi yang disampaikan oleh mahasiswa. Tak sedikit dari mereka yang ikut memperagakan cara mencuci tangan yang benar. “Senang sekali belajar dengan kakak – kakak KKN. Kegiatannya bagus, ceria, mengedukasi dan menyenangkan. Kalau bepergian harus menggunakan masker, hand sanitizer, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah bepergian,” ungkap salah satu siswa kelas lima, Sasa Sabrina.

Ikuti tulisan menarik Faruk Ahmad lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler